Diet Golongan Darah O

Hubungan Diet dan Golongan darah O

 

Hubungan antara golongan darah dan diet merupakan gagasan baru bagi kebanyakan orang, namun mereka acap kali menemukan bahwa hal ini merupakan beberapa pertanyaan yang membingungkan merka selama ini. Kami sejak lama menyadari bahwa ada satu mata rantai yang hilang dalam pemahaman kita mengenai proses yang mengarah pada kesehatan atau penyakit. Ada banyak alasan mengapa terdapat begitu banyak paradoks dalam studi tentang makanan dan keberlangsungnya penyakit.

Analisis golongan darah telah memberikan jalur keluar bagi para paradoks tersebut. Golongan darah sama mendasarkan dengan penciptaan itu sendiri. Menurut hukum alam, keempat golongan darah itu mengikuti jalur tak terputus sejak momen paling awal penciptaan manusia hingga hari ini. Golongan darah menjadi semacam “ tanda tangan” dari nenek moyang kita diatas perkamen sejarah yang tak kunjung usang. Gen untuk golongan darah O berkembang pada suatu titik ketika peradaban manusia beralih dari hidup berburu dan berpindah-pindah ke komunitas agrasi yang menetap di suatu tempat. Gen untuk golongna darah O memungkinkan nenek moyang kita bertahan hidup dan berkembang pesat dengan jenis makanan berbasis sayuran.

Ajaibnya, pada abad ke-21 ini, sistem pencernaan bergolongan darah O masih mempertahankan kecendrungan makanan seperti zaman nenek moyang kita dulu. Golongan darah adalah kunci bagi keseluruhan sistem kekebalan tubuh, dan hal ini adalah faktor penjelas ensesial di dalam profil kesehatan. Antigen golongan darah berfungdsi sebagai penjaga gerbang, penciptakan antibodi untuk menangkap penyelundup yang berbahaya. Saat antibodi mengenali antigen dari mikroba penyerbu, terjadilah serangkaian reaksi yang disebut “ aglutinasi” (secara harfiah berarti melekat) atau menggumpal.

Antibodi akan menempel pada antigen dari virus / mikroba itu dan melekat begitu erat. Ketika sel-sel, virus, parasit, dan abkteri menggumpal, proses penghilangan pun menjadi lebih mudah. Ada banyak hal lain yang terlibat dalam proses terjadinya penggumpalan. Ilmuwan telah mempelajari bahwa ada banyak makanan yang berpotensi menggumpalkan sel-sel pada golongan darah tertentu. Artinya, sesuatu jenis makanan dapat berbahaya bagi sel-sel dari salah satu golongan darah, tapi bermanfaat bagi sel-sel dari golongan darah yang lain. Serangkaian reaksi kimia terjadi antara darah Anda dengan makanan yang Anda konsumsi.

Reaksi ini merupakan bagian dari warisan genetis Anda. Kami mengetahui hal ini karena adanya sebuah faktor yang disebut “lektin”. Lektin, yaitu protein yang beraneka ragam yang banyak dijumpai di dalam makanan, mempunyai faktor penggumpal yang akan memengaruhi darah. Lektin adalah cara yang ampuh bagi organisme di alam untuk menempelkan diri pada organisme lain.

Sering kali, lektin yang digunakan oleh virus atau bakteri bersifat spesifik pada golongan darah tertentu. Dengan demikian, virus atau bakteri atau hama yang cenderung “lebih lengket “ pada seseorang bergolongan darah tersebut. Lebih lanjut, ketika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lektin yang tidak sesuai dengan antigen dari golongna darah, lektin tersebut akan menyasar organ atau sistem tubuh (ginjal, hati, otak, perut, dan yang lainnya) dan mulai penggumpalan sel-sel diwilayah tersebut. Sebagai contoh, lektin pada kacang Lima bereaksi silang dengan antigen dari golongan darah O, dengan cara menyerang enzim pencernaan dan mengganggu produksi hormon insulin.

Makanan untuk golongan darah O adalah cara alami untuk membalikan fungsi penjagaan dari sistem kekebalan tubuh, membalikan jam metabolisme, dan membersikan darah dari lektin yang berbaya. Setiap orang akan menyadari beberapamanfaat dari diet ini, tergantung pada kondisi tubuh dan kelentrurannya.

Pedoman Diet untuk orang bergolongan darah O

Golongan darah O berkembang baik untuk protein hewani. Saluran pencernaan untuk orang bergolongna darah O masih mengandung jejak purba. Makanan berprotein tinggi dan tuntutan fisik yang luar biasa pada sistem pencernaan manusia purba bergolongan darah O mungkin tetap membuat sebagian besar dari mereka tetap berada dalam keadaan ketosis-suatu keadaan dimana metabolisme makanan berprotein tinggi dan berlemak tinggi, dengan sedikit karbohidrat.

Tubuh mengubah protein dan lemak menjadi keton, yang digunakan sebagai pengganti gula untuk mempertahankan kadar gula darah. Gabungan antara ketosis, penurunan kalori, dan aktivitas fisik yang konstan menghasilakan mesin pemburu yang ramping dan kejam-kunci manusia untuk bertahan hidup.

Daging organik yang beragam semangkin tersedia luas. Keberhasilan diet golongan darah O bergabung pada konsumsi daging sapi, ayam, dan ikan yang zat kimianya serta segar.

Pengaturanan makana untuk golongan darah O akan berjalan baik jika dapat mengikuti pengaturan makanan yang telah diteliti dan disahkan secara ilmiah, logis, dan jelas berdasarkan profil darah Anda.

 

Diet Anda dibagi menjadi empat belas kelompok makanan :
Daging dan unggas
Makanan hasil laut
Telur dan produk susu
Minyak dan lemak
Kacang dan biji-bijian
Buncis dan polong-polongan
Serealia, roti, dan pasta
Sayuran
Buah
Jus dan Sirop
Rempah-rempah
Bumbu masak
Tanaman obat dan teh herbal
Berbagai minuman

Pada setiap kelompok, makanan ini dibagi menjadi tiga katagori: SANGAT BERMANFAAT, NETERAL, dan PANTANG. Lihatlah pembagian dengan cara ini :

SANGAT BERMANFAAT adalah makanan yang beraksi seperti OBAT.
PANTANG adalah makanan yang bereaksi seperti RACUN.
NETERAL adalah makanan yang bereaksi seperti MAKANAN.

Makanan untuk orang bergolongan darah O beraneka ragam karena itu tidak perlu kuatir akan adanya pembatasan makanan. Anda dapat mengkonsumsi makanan Sangat Bermanfaat lebih banyak daripada yang Neteral. Juga, tidak ada salahnya jika Anda menikmati makanan yang Neteral untuk Anda karena makanan ini tidak merugikan Anda, dan justru mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi makanan berimbang. Di bagian atas setiap katagori, anda akan melihat bagan seperti berikut (perhatikan bahwa frekuensi kadang kala mingguan, kadang kala harian):

Golongan darah O

Frekuensi mingguan,
bila Anda keturunan…

Saran-saran mengenai porsi yang sudah turun temurun ini tidak dimaksudkan sebagai aturan baku. Tujuan disini adalah menunjukkan cara untuk lebih menyesuaikan diet dengan cara yang sudah dikenal oleh nenek moyang kita. Orang-orang dari bergai ras dan kebudayaan dapat memiliki golongan darah yang sama, namun frekuensi gennya tidak selalu sama. Contoh, orang golongan darah O mempunyai gen AA, yang berarti kedua ora ng tua mewariskan gen A. Orang keturunan Afrika cenderung menurunkan gen O daripada Kaukasia atau Asia.

Terdapat pula variasi geografis dan budaya seperti halnya perbedaan yang biasa terjadi dalam ukuran dan berat orang. Gunakan segala anjuran berikut bila dipandang perlu dan abaikan jika hal itu tidak perlu. Cobalah untuk merumuskan rencanakan makanan yang sesuai dengan porsi Anda.

 

DAGING DAN UNGGAS

Golongan darah O

Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan

Anda dapat menyantap daging sapi, domba, kalkun, ayam, atau ikan sesering Anda mau. Semangkin berat pekerjaan dan program olahraga Anda, semakin tinggi pula protein yang harus di makan. Catatan: Jika Anda orang Afrika keturunan bergolongan darah O , pilihlah daging merah tanpa lemak dari hewan ternak seperti kambing dan ayam.

Gen golongan darah O berkembang di Afrika, sehingga nenek moyang Andalah yang menurunkan golongan darah O . Anda akan mendapatkan manfaat dengan meningkat konsumsi protein dari daging yang selama ini dikonsumsi nenek moyang Afrika Anda.

SANGAT BERMANFAAT

Daging sapi
Jantung/sweetbreads Daging kerbau
daging domba
hati
  Daging domba dewasa
Daging rusa
Daging anak sapi

NETERAL

Daging angsa
Daging anak burung dara
Daging belibis
Daging tupai
Daging ayam betina
Daging kalkun
Daging kuda
  Daging ayam Daging
burung unta
Daging ayam betina
Daging ayam hutan
Daging bebek
daging peger
Daging kambing
Daging kelinci

PATANG

Daging asap
Daging burung puyuh
Daging ham
Daging puyuh
Daging babi
   

MAKANAN HASIL LAUT

Golongan darah O

Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan

Semua Makanan Hasil laut

PORSI

4-6 Ounce

AFRIKA

1-3 x

KAUKASIA

1-3 x

ASIA

1-3 x

Seafood atau makanan hasil laut adalah protein hewani kedua terbaik bagi orang keturunan Asia dan Kaukasi-Asia (Eurasia) bergolongan darah O , karena makanan hasil laut sudah menjadi bagian dari diet nenek moyang Anda yang tinggal di Pantai. Ikan laut dingin yang kaya denag minyak misalnya, cod, hering, dan makarel sangat cocok untuk orang bergolongan darah O .

Minyak ikan kaya akan vitamin K, yang berperan dalam pembekuan darah. Gangguan pembukuan darah sering terjadi masalah bagi orang bergolongan darah O . Makanan hasil laut merupakan sumber yodium yang luar biasa, yang akan mengatur fungsi tiroid. Orang bergolongan darah O memunyai fungsi tiroid yang tidak seimbang yang dapat menyebabkan masalah metaboisme dan penambahan berat badan.

SANGAT BERMANFAAT

Ikan perch (semua jenis)
Ikan todak
Ikan pike
Ikan tile
Ikan trout pelangi
Ikan ekor kuning
Ikan snapper merah
  Ikan bass (semua jenis )
Ikan shad
Ikan cod
Ikan sole (kecuali sole abu-abu)
Ikan halibut
Ikan sturgeon

NETERAL

Ikan ankovi
Ikan beluga
Ikan blufish
Ikan trout brook
Ikan bullhead
Ikan butterfish
Ikan mas
Kaviar (telur ikan)
Ikan chub
Kepah
Kepiting
Ikan croaker
Ikan cusk
Ikan drum
Belut
Ikan flounder (sejenis ikan pipih)
Ikan sole abu-abu
Ikan grouper
Ikan haddock
Ikan hake
Ikan halfmoon
Ikan harvest
Ikan hering (segar)
Lobster
Ikan makarel
Ikan mahimahi
Ikan monkfis
Ikan mullet
  Remis
Ikan mata opal
Ikan rougy oranye
Tiram
Ikan kakatua
Ikan pikerel
Ikan pompang
Ikan porgy
Ikan rosefish
Ikan salifish
Ikan salem/salem roe
Ikan sardin
Skalop (sejenis remis)
Anak ikan cod atau haddock
Iakn scup
ikan trout laut
Udang
ikan smelt
Siput (Helix pomatial/escargot)
Ikan sucker
Ikan matahari
Ikan tuna
Penyu
ikan whitefish
Ikan whiting

PANTANG

Kerang abolan
Ikan barakuda
Ikan catfish
Cumi-cumi (kalamari)
Conch (sejenis keong)
Kodok
  Ikan hering (cuka)
Loks (salem asap)
Ikan muskelluge

TELUR DAN PRODUK SUSU
Golongan darah O Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan

Golongan darah O

Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan

 

Orang bergolongan darah O harus berusaha membatasi produk susu. Sistem metabolisme Anda tidak dirancang untuk jenis makanan ini, dan tidak ada makan yang betul-betul bermanfaat dari kelompok ini. Telur dapat adikonsumsi dalam jumlah sedang. Telur juga merupakan sumber DHA (Docosabexaenic acid) yang baik, yang penting untuk punsing mental dan fungsi penglihatan. Jika Anda adalah keturunan Afrika, Anda harus mencoret, susu, dan produk susu dari daftar menu.

Makanan ini lebih sulit untuk Anda cerna; sesungguhnya, banyak orang Afrika-Amerika yang tidak tahan laktosa. Susu kedelai dan keju kedelai adalah alternatif yang luar biasa, dan berprotein tinggi. Orang bergolongan darah O dapat sesekali mengkonsumsi telur dan produk susu dalam jumlah kecil, haya saja makanan ini minim proteinnya bagi orang bergolongan darah O . Bagai manapun, pastikan Anda mengkonsumsi suplemen kalsium setiap hari, terutama jika Anda adalah wanita, karena produk susu adlah sumber untuk kalsium terbaik yang ada di alam

SANGAT BERMANFAAT

Tidak ada    

NETERAL

Mentega
Telur ayam
Telur bebek
Keju petani
  Keju feta
Ghee (mentega yang dimumikan dari India )
keju kambing
Keju mozzarella

PANTANG

Keju Amerika
Keju biru
Keju brie
Susu mentega
Keju kamember
Kasein
Keju cheddar
Keju colby
Keju cottage
Keju krim
Keju edam
Telur angsa
Telur puyuh
Keju emmenthal
Keju gouda
Keju gruyere
Krim half & half
Es krim
  Keju jarlsberg
Kefir
Susu sapi
Susu kambing
Keju monterey jack
Keju muenster
keju neufchatel
Keju india (panner)
Keju parmesan
Keju provolone
Keju quark
keju ricotta
Minuman sherbet
Krim asam
Keju string
Keju swiss
Dadih
Yoghurt, semua jenis

 

MINYAK DAN LEMAK

Golongan darah O

Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan

Orang bergolongan darah O dapat merespons minyak dengan baik, yang merupan sumber nutrien pengting dan membantu pores pembuangan air besar. Anda dapat meningkatkan manfaat minyakdi dalam sistem Anda jika membatasi penggunaan minyak tak jenuh (misalnya, minyak zaitun) dan asam lemak dari jenis omega (misalnya minyak biji rami). Minyak-minyak ini berdampak positif pada jantung dan pembulu darah, serta dapat membantu menurunkan kolestrol darah.

SANGAT BERMANFAAT

Minyak biji rami   minyak zaitun

NETERAL

Minyak buah badam/almon
Minyak biji anggur hitam
Minyak burage
Minyak kanola
  Minyak hati ikan cod
Minyak wijen
Minyak biji kenari

PANTANG

Minyak kastrol
Minyak kelapa
Minyak jagung
Minyak biji kapas
Minyak evening primrose
  Kacang tanah
Minyak safflower
Minyak kedelai
Minyal bunga matahari
Minyak biji gandum

KACANG-KACANGAN DAN BIJI-BIJIAN

Golongan darah O Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan ………

Orang bergolongan darah O dapat menjadikan kacang-kacangan dan biji-bijian sebagai sumber protein nabati tambahan yang baik. Makanan ini tidak boleh menggantikan daging berprotein tinggi. Anda sama sekali tidak membutuhkan didalam diet Anda, dan harus selektif dalam penggunaannya karena makanan ini tinggi lemak. Karena kacang menyebabkan masalah pencernaan, kunyakanlah dengan baik atau gunakan mentega kacang, terutama jika Anda mengalami gangguan usus besar, yang lebih dialami oleh orang bergolongan darah O .

SANGAT BERMANFAAT

Biji rami
Biji kenari (hitam /inggris)
Biji labu
   

NETERAL

Biji buah badam/almon
Mentega buah badam
Keju buah badam
Susu buah badam
Kacang mentega
Kacang filbert (hazel)
Kacang hikori
  Kacang makadamia
Kacang pecan
mentega pecan
Kacang pignola (biji pinus)
Biji sofflower
Mentega wijen (tahini)
Biji wijen

PANTANG

Kacang beech
Kacang brasil
Kacang mete
Berangan
Biji lici
Kacang tanah
  Mentega kacang
Kacang pistakio
Biji opium
Mentega bunga matahari
Biji bunga matahari

 

POLONG- POLONGAN

Golongan darah O Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan ………

 

Nenek moyang orang Asia yang bergolongan darah O menggunakan polong-polongan karena terbiasa secara budaya. Polong-polongan tidak menjadi bagian penting di dalam makanan orang bergolongan darah O . Penyebabnya adalah sebagian besar kacang dan kacang polong mengandung lektin yang tersimpan didalam jaringan otot, yang membuatnya tidak begitu asam. Sebagai gantinya, upayakan memperoleh sebagian besar protein Anda dari daging.

SANGAT BERMANFAAT

Kacang polong mata hitam   Kacang azuki

NETERAL

Kacang hitam
Kacang babi
Kacang keneloni
Kacang fava
Kacang garbanzo
Kacang buncis
Kacang kapri denag kulitnya
Kacang jikama
Kacang lima
Kacang mung (kecambah)
Kacang northerm
  Kacang kapri/ercis
kacang merah
Kacang snap
Kacang kedelai
Keju kedelai
Susu kedelai
Miso (kedelai)
Tempe
Tahu
Kacang string
Kacang putih

PANTANG

Kacang tembaga
Kacang navi
Kacang ginjal
Kacang pinto
Miju-miju
Kacang tamarind
   

SEREALIA, ROTI, DAN PASTA

Golongan darah O

Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan ………

Golongan darah O, tidak ada serealia atau pasta yang dianggap sangat bermanfaat. Pasta yang terbuat dari buckwheat, articok yerusalem, atau tepung beras lebih dapat diterima oleh orang bergolongan darah O dari pada pasta semolina tradisional. Batasi konsumsi serealia, roti, atau pasta kerena makanan ini tidak penting bagi diet Anda, dan harus dibatasi agar daging dan ikan menjadi efektif. Orang bergolongan darah O sama sekali tidak dapat menerima produk gandum utuh, sehingga Anda harus mencoretnya dari diet Anda.

Produk gandum mengandung lektin yang beraksi dengan darah dan saluran pencernaan Anda, serta mengganggu penyerapan makanan yang bermanfaat. Produk gandum penyebab utama dari penambahan berat badan orang bergolongan darah O. Gluten yang tyerkandung dalam benih gandum menggangu metabolisme orang bergolongan darah O. Metabolisme yang tidak efisien atau lambat menyebabkan makanan lebih lamban daiubah menjadi energi, dan akhirnya tersimpan menjadi lemak.

Bagi orang bergolongan darah O, roti dan muffin adalah sumber masalah, karena sebagian besar mengandung gandum. Dua perkecualiannya adalah roti essene dan roti ezekiel, yang biasanya dapat dibeli toko makanan sehat. Roti-roti ini adalah roti yang terbuat dari gandum yang dikecambahkan dan dapat dicernah oleh orang bergolongan darah O karena lekten dan glutennya (biasa dijumpai pada kulit kecambah) telah rusak selama proses perkecambahan. Tidak sepeti roti kecambah yang banyak dijual, roti essene dan roti ezekiel adalah makanan segar yang banyak mengandung enzim bermanfaat.

SANGAT BERMANFAAT

Roti Essene    

NETERAL

Amaran
Pasta artocok (murni)
Buckwheat/kasha
Roti ezekiel 4:9 (100%dikecambahkan)
Roti tanpa gluten
Sajian krim beras
Kamut
Millet
Kulit gandum oat
Tepung gandum oat
Bubur gandum oat
Quinoa
Millet (sereal)
Kulit/dedek bers
  Roti beras
Kue beras
Beras (krim)
Susu beras
Beras (sereal)
Beras (putih, cokelat)
Roti gandum hitam (100%)
tepung gandum hitam
Mi soba (100%)
Roti dari tepung kedelai
Spelt
Produk tepung spelt
Tapioka
Teff

PANTANG

Jawawut
Jagung (putih,kuning,biru)
Sereal cornflakes
Sereal cornmeal
Sajian krim gandum
Couscous (gandum tumbuk)
Kue muffin inggris
Sereal familia (Swiss)
Farina
Tepung gluten
Grits
Granola
Sereal grape-nuts
Matzo (roti tak beragi)
  Berondong jagung
Roti pumpernickel
Roti/sereal seven grain
Sereal shredded wheat
Sorghun
pasta bayam Gandum wheat (kulitnya) Roti gandum wheat (kecambah bukan roti Essene/ezekiel) Benih gandum wheat Produk tepung gluten (gandum wheat) Gandum wheat (olahan tanpa pemutih) Gandum wheat (produk tepung semolina) Gandum wheat (produk tepung putih) Gandum wheat (produk gandum utuh)

SAYUR SAYURAN

Golongan darah O Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan ………

Terdapat beragam jenis sayuran yang dapat dikonsumsi oleh orang bergolongan darah O, dan sayuran itu merupakan komponen utama di dalam diet Anda. Anda tidak dapat begitu saja menyantap semua sayuran tanpa pilih-pilih. Beberapa jenis sayuran menyebabkan masalah besar bagi orang bergolongan darah O. Sebagai contoh, sayuran tertentu darikeluarga Brassica-kembang kol dan mustard-dapat menghambat fungsi tiroid, yang memang lebih lemah pada tubuh orang bergolongan darah O.

Sayuran hiaju berdaun yang kaya akan vitamin K, misalnya collard dan kale, sangat baik untuk orang bergolongan darah O. Vitamin ini hanya memiliki satu tujuan- membantu pembekuan darah. Orang bergolongan darah O, sebagaimanan telah kita bahas, kekurangan beberapa faktor pembeku darah dan membutuhkan vitamin K untuk membantu selama proses itu. Kecambah alfalfa mengandung unsur-unsur yang dapat memperburuk masalah hipersensitivitas, dengan cara mengiritasi saluran pencernaan. Jamur domestik dan shitake, juga buah zaitun yang defermentasikan, cenderung memucu reaksi alergi pada orang bergolongan darah O.

Semua makanan ini dapat dianggap sebagai benda asing oleh tubuh bergolongan darah O, yang tidak dirancang untuk mengatasinya. Sayuran yang termasuk dalam keluarga salanum, seperti terung dan kentang menyebabkan artritis, karena lektin akan disimpan didalam jaringan di sekitar persediaan. Lektin jagung mempengaruhi produksi insulin, yang sering mengarah pada kegemukan dan diabetes. Semua orang bergolongan darah O harus menghindari jagung-terutama jika Anda menghadapi masalah berat badan atau memiliki riwayat diabetes dalam keluarga.

Tomat memang istimewa. Mengandung lektin kuat yang disebut “panbemaglutinin” (artinya, dapat mengumpulkan semua golongan darah), tomat menjadi masalah bagi orang bergolongan darah A dan B. Bagaimanapun, orang bergolongan darah O dapat mengkonsumsi tomat. Lektin akan dinestralisasi di dalam sistem Anda.

SANGAT BERMANFAAT

Horseradish
kale
Kelp (ganggang laut)
Ubi
Kohlabi
Lobak cina
Okra
Parsnip
Selada romaine
Waluh
  Artikcok
Bawang bombay,semua
Bayam
Beet hijau
Beet daun
Brokoli
Chicory
Collard hijau
Dandelion
Daun peterseli
Escarole

NETERAL

Adas “pedas”
Andewi
Arugula
Asparagus
Bawang merah
Bawang putih
Beet
Berangan air
Cabai
Daikon
Ercis
Escarole
Jamur
Jus kubis
Kubis brussel
Labu (semua jenis kecuali walu)
Lada ( hijau/kuning)
  Pakis
Radicio
Radis/kecambahnya
Rappini (brokoli raab)
Rebung
Rutabaga
Sauerkraut
Scalion
selada
Selada air
Seledri
Seleriak/akar seledri
Terung
Wortel
Yam
Zaitun (yunani, hijau, Spanyol)
Zucchini

PANTANG

Avokad
Bawang perai
Jagung
Jamur (shitake/silver dollar)
Kecambah alfalfa
Kembang kol
  Kentang (merah,putih,kuning,ungu) Lidah buaya (tanam jus)
mentimun
Mustard hijau
Zaitun, hitam

BUAH-BUAHAN

 

Golongan darah O Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan ………

Orang bergolongan darah O dapat banyak mengkonsumsi jenis buah. Selain sebagai sumber serat, vitamin dan mineral, buah-buahan dapat menggantikan roti dan pasta yang baik bagi orang bergolongan darah O. Jika Anda memakan sepotong buah dan bukannya selembar roti, sistem Andah akan terlayani dengan lebih baik-dan pada saat yang sama, Anda dapat menurunkan berat badan. Jeruk biasa dan jeruk mandarin harus dihindari karena kandungan asamnya yang tinggi, dan kecenderungan meningkatkan keracunan usus.

Sebagian besar buah beri boleh dimakan, namun beri hitam harus dihindari karena mengandung lektin yang dapat mengganggu pencernaan orang bergolongan darah O. Kecuali dinyatakan secara terpisah, semua buah pada daftar berikut ini dapat disajikan dalam bentuk jus :

SANGAT BERMANFAAT

Bluberi
Buah ara (segar /kering)
Ceri (semua)
Jambu biji
Jus ceri (hitam)
  Jus nanas
Mangga
Pisang
Plum, semua jenis
Prune

NETERAL

Anggur semua jenis
Apel
Aprikot
Belimbing
Boysenberi
Buah currant (hitam/merah)
Buah sukun
Cuka apel
Delima
Dewberi
Elderberi
Gosberi
Jeruk keprok
Jeruk limau
Jeruk sitrum
Kesemek
Kismis
Kranberi
Kumquat (jeruk tiongkok)
Kurma
Loganberi
  Melon canang
Melon Chrismas
Melon crenshaw
Melon kasaba
Melon musk
Melon persia
Melon spanyol
Mulberi
Nanas
Nektarin
Pepaya
Persik
Pir
Pir prikli
Quince
Rasberi
Sagu
Semangka
Stroberi
Youngberi

PANTANG

Beri hitam
Melon madu
Blewah
Pare
Jeruk mandarin
Pir asia
Kelapa /santan
pisang raja
Kiwi
   

JUS DAN SIROP

Golongan darah O Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan ………

Jus sayuran lebih dianjurkan daripada jus buah bagi orang bergolongan darah O karena sifat basahnya. Jika Anda minum jus buah, pilihlah buah yang berkadar sukrosa rendah. Jus nanas membantu mengurangi retensi air dan kembung. Keduah inilah yang berperan dalam bertambahnya berat badan. Beri hitam juga merupakan jus berkadar basah tinggi yang bermanfaat. Pililah sayur-sayuran dan buah-buahan yang disarankan pada daftar ketika Anda membuat atau membeli jus.

BUMBU-BUMBUAN

Orang bergolongan darah O harus memandang rempah-rempah lebih dari sekedar pemnambah citra rasa. Kombinasi rempah rempah yang baik mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sebagai contoh, rempah-rempah berbahan dasar kacang kedelai seperti tamari, miso, dan kecap sangat bermanpaat bagi orang bergolongan darah O .

Apabila anda kuatir dengan asupan natrium, semua produk tersebut tersedia dalam kadar natrium rendah. Gunakan banyak bawang putih. Bawang putih merupakan penguat sistem kekebalan tubuh dan anti biotika yang alami, serta baik untuk darah Anda. Bawang putih sangat bermanfaat bagi semua golongan darah. Akan tetapi, orang bergolongan darah O mendapatkan sebagaian besar manfaatnya karena sistem kekebalan tubuh Anda rentan terhadap sejumlah penyakit yang dihambat oleh bawabang putih.

Makanan bagi orang bergolongan darah O kurang mengandung asupan besi, karena itu sirop kental blakstrap dapat menjadi sumber besi yang sangat baik. Kelp merupakan sumber yodium dan beberapa mineral yang baik. Cuka harus dihindari karena bersifat asam.orang bergolongan darah O diperbolehkan mengkonsumsi coklat dan gula, tapi dalam jumlah yang sangat sedikit. Guna gula dan coklat sebagai penyedap rasa.

SANGAT BERMANFAAT

Alga merah
Bumbu kari
Carob
Cabai
  Daun peter seli
Kelp (ganggang laut)
Kunir
Lobak

NETERAL

Agar-agar
Garut/ararut
Asam jawa
Peppercorn
Bawang putih
Bergamot
Bubuk pedas
Cengkih
Cokelat
Cuka (cuka apel)
Daun ketumbar
Daun salam
Daun selasih/kemangi
Dill
Ekstrak buah badam(almon)
Garam laut
Gelatin, polos
Gula (putih, cokelat)
Gula jawawut
Jemuju
Jintan
Kapulaga
Kayu manis
Kecap
Ketumbar
Krim tartar
Kucai
Kunyit
Lada, red flakes
  Licorice
Madu
Marjoran
Miso
Mustard (kering)
Oregano
Panili
Paprika
Paktin apel
Peppermint
Peterseli
Ragi
Rempah-rempah dari buah beri
Rosmari
Sage
Savori
Servil
Sirop beras
Sirop krental (blackstrap)
Sirop kental (molasses)
Sirop mapel
Spearmint
Stevia
Sukanat
Tamari
Tapioka
Taragon
Timi
Wintergreen

PANTANG

Aspartam
Biji pala
Buah jenever/juniper
Bunga pala
Caper
Carrageenan
Cuka (kecuali cuka apel)
Dektrosa
Fruktosa
  Ganggang laut (biru/hijau)
Getah guar
Guarana
Lada (hitam/putih)
Maltodekstrin
MSG
Pati jagung
Sirop jagung

Penyedap Rasa

Tidak ada penyedap rasa yang sangat bermanfaat bagi orang bergolongan darah O. Jika Anda menginginkan moster, mayones, atau saus salad pada makanan Anda, gunakan seperlunya dan pilihlah jenis yang rendah lemak dan rendah gula. Pilihan lainnya adalah membuat sendiri dari bahan-bahan yang dianjurkan.

Meskipun orang brgolongan darah O boleh sekali memakan tomat, hindari saus tomat karena mengandung bahan-bahan seperti cuka dan sirop jagung. Semua makanan yang diacar sukar dicernah oleh orang bergolongan darah O karena mengiritasi lambung. Saya anjurkan agar Anda mengurangi penyedap rasa, atau menggantikan dengan penambah rasa yang lebih sehat seperti minyak zaitun, jus jeruk sitrun, dan bawang putih.

SANGAT BERMANFAAT

tidak ada    

NETERAL

Jeli (dari buah yg diperbolehkan)
Saus salad (rendah lemak, dr bahan yg diperbolehkan)
Mentega apel
Selai (dr buah yg diperbolehkan)
Moster(siap saji, tanpa cuka)
   

PANTANG

Acar/asinan(semua jenis)
Saus tomat
Pickle relish
Saus Worcestershire
Saus salad (mayonnaise)
   

 

TANAMAN OBAT DAN TEH HERBAL

Anjuran minum teh herbal didasarkan pada pemahaman umum, tentang apa yang membuat orang bergolongan darah O sakit. Bayangkan teh herbal sebagai cara untuk meningkatkan ketahanan tubuh Anda melawan kelemahan alami Anda. Bagi orang bergolongan darah O, penekanan utamanya ada pada menenangkan sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

Tanaman obat seperti peppermint, daun peterseli, rose hip, dan sarsaparilla menghasilkan efek-efek itu. Di sisi lain, tanaman obat seperti a;falfa, lidah buaya, burdock, dan corn silk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan dan mengurangi keketanlan darah, yang merupakan masalah bagi orang bergolongan darah O.

SANGAT BERMANFAAT

Chickweed
Dandelion
Daun peterseli
Hop
Jahe
Kelabat
  Linden
Mulberi
Peppermint
Rose hip
Sarsaparilla
Slippery elm

NETERAL

Akar licorice
Catnip
Daun raspberi
Dong quai
Elder
Ginseng
Hawthorn
Horehound
Kamomil
Kulit pohon ek putih
  Mullein
Sage
Skullcap
Spearmint
Timi
Valerian
Vervain
White birch
Yarrow

PANTANG

Alfalfa
Burdock
Clover merah (semanggi merah)
Coltsfoot
Com silk
Daun strawberi
Echinacea
Gentian
  Goldenseal
Lidah buaya
Rhubarb
Senna
Shepherd’s purse
Yellow dock

BERBAGAI MINUMAN

Sedikit sekali minuman yang dapat dikonsumsi oleh orang bergolongan darah O. Anda hanya menerima efek tak membahayakan dari air soda, club soda, dan teh herbal. Bir tidak disarankan untuk Anda minum karena hop pada bir cenderung meningkatkan pengeluaran asam lambung dan kebanyakan bir terbuat dari gandum.

Minum sedikit agar tidak apa-apa, tetapi jangan dijadikan kebiasaan setiap hari. Teh hijau dapat diminum sebagai pengganti produk berkafein lainnya. Kopi dapat menimbulkan masalah bagi orang bergolongan darah O karena meningkatkan kadar lambung. Orang bergolongan darah O banyak memproduksi banyak asam lambung, jadi tidak perlu dibantu lagi. Kopi memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan menghanbat penyerapan kalsium. Jika Anda seorang pecandu kopi, sebaiknya Anda memulai lambat laun Anda mengurangi jumlah kopi yang Anda minum setiap hari.

Sasaran Anda seharusnya mneghilangkan kebiasaan minum kopi sama sekali. Gajalah yang ditimbulkan karena berhenti minum kopi, misalnya sakit kepala, kelelahan, dan mudah marah, tidak akan terjadi jika Anda melakukan secara bertahap. Teh hijau adalah alternatif minuman berkafein yang baik

SANGAT BERMANFAAT

Air soda
Teh Hijau
   

NETERAL

Anggur merah    

PANTANG

Anggur putih
Soda, semua jenis
Kopi (reguler/tanpakapein)
Teh hitam (reguler/tanpa kafein)
Minuman keras
   

SUPLEMEN GOLONGAN darah O

Program diet golongan darah O mencakup anjuran tentang vitamin, mineral, dan suplemen herbal yang dapat meningkatkan efek diet Anda. Seperti halnya makanan, suplemen tidak selalu memiliki khasiat yang sama bagi setiap orang. Setiap vitamin, mineral, dan suplemen herbal memainkan peran khusus di tubuh Anda.

Yang bermanfaat bagi orang bergolongan darah O atau B, belum tentu baik bagi sistem golongan darah O Anda, bahkan bisa membahayakan. Tujuan penggunaan suplemen adalah untuk meningkatkan golongan darah O dan memperkuat sistem pertahanan tubuh melawan kelemahan tubuh Anda. Karena itu, fokus Anda haruslah :

• Meningkatkan metabolisme
• Menyediakan antioksidan untuk melawan kanker
• Meningkatkan aktivitas pembekuan darah
• Mencegah peradangan
• Menstabilkan tiroid

Saran-saran berikut ini menekankan pada suplemen yang dapat membantu sistem Anda mencapai sasaran-sasaran ini, juga mengingatkan Anda untuk menghindari suplem yang kontraproduktif atau membahayakan bagi golongan darah O. Beberapa vitamin dan mineral tertentu banyak terdapat dalam makanan untuk golongan darah O, yang secara normal tidak diperlukan dalam bentuk suplemen.

Semua ini mencakup vitamin C dan besi-meskipun minum suplemen vitamin C 500 mg setiap hari tidak merugikan Anda. Suplemen vitamin D, dan sumber terbaiknya adalah sinar matahari. Semua saran ini didasarkan pada diet golongan darah O.

BERMANFAAT

Vitamin B

Orang bergolongan darah O dengan pengaturan makanan yang tepat tidak memerlukan suplemen vitamin B12 atau asam folat. Saya berhasil menyembuhkan depresi, hiperaktivitas, dan AAD (Attention Deficit Disorder) pada banyak pasien bergolongan darah O dengan menggunakan vitamin B12 dan asam folat dosis tinggi, yang dipadukan dengan diet golongan darah O dan program olahraga.

Vitamin-vitamin ini bertanggung jawab atas perkembangan DNA. Jika Anda ingin bereksperimen dengan vitamin B komplek berpotensi tinggi, pastikan vitamin tersebut tidak menggunakan zat tambahan. Zat tambahan yang tidak tepat akan menyulitkan proses penyerapan dalam sistem Anda. Selain itu, hindari resep yang mengandung ragi, benih gandum, atau pantangan-pantangan lainnya dalam diet. Akhirnya, konsumsilah banyak makanan yang kaya vitamin B
Makan kaya vitamin B untuk orang bergolongan darah O :

– Daging
– Hati, ginjal, daging otot
– Telur
– Ikan
– Kacang berkulit
– Sayuran hijau berdaun
– Buah
– Ragi nutrisional

Vitamin K

Orang bergolongan darah O menyukai lebih lebih sedikit faktor pembeku darah, yang mengakibatkan gangguan perdarahan. Pastikan Anda banyak memasukan vitamin K dalam makanan Anda. Karena vitmin biasanya tidak dianjurkan dalam suplemen, perhatikan makanan yang Anda santap dan pilihlah makanan yang berkadar vitamin tinggi dari nutrien yang esensial bagi orang bergolongan O. Makanan kaya vitamin K terbaik untuk orang bergolongan darah O

– Hati
– Minyak ikan
– Kuning telur
– Sayuran hijau berdaun, misalnya kale dan collard

Kalsium

Orang bergolongan darah O harus terus menerus menambahkan kalsium pada makanan mereka, karena diet golongan darah O tidak boleh mengandung produk susu, yang menjadi sumber mineral ini. Bagaimanapun, orang bergolongan darah O cenderung menderita gaguan sendi dan artritis, jadi kebutuhan akan suplemen kalsium menjadi penting. Suplementasi kalsium dalam dosis tinggi (600-1.100 mg kalsium elemental) diperlukan oleh semua orang bergolongan darah O, dan sangat bermanfaat bagi anak-anak bergolongan darah O pada masa pertumbuhan (2-5 dan 9-16 tahun) serta wanita pasca menopause.

Walaupun kadar kalsium dari kadar makanan sumber kalsium yang bukan produk susu tidaklah setinggi kadar kalsium dalam produk susu, orang bergolongan darah O harus mengkonsumsi makanan itu sebagai makanan utama pada diet mereka.
Makanan kaya kalsium terbaik untuk orang bergolongan darah O.

– Ikan sardin (dengan tulang)
– Salem kaleng (dengan tulang)
– Brokoli
– Collard

Kalsium

Sejumlah keil kalsium tambahan (300-600mg kalsium elemental) dianjurkan untuk orang bergolongan darah O yang berusia paru baya sampai lanjut usia. Menurut pengalaman saya, sumber kalsium paling buruk bagi Anda yang bergolongan darah O adalah kalsium karbonat (sering dijumpai dalam antasida).

Dalam bentuk ini, kalsium memerlukan banyak asam lambung untuk penyerapannya. Umumnya, orang bergolongan darah O dpat mentoleransi kalsium karbonat, bereaksi baik dengan kalsium sitrat, dan yang terbaik adalah kalsium laktrat.

Makanan kaya kalsium untuk orang bergolongan darah O .
Yoghurt dan produk susu yang difermentasi
Susu kacang kedelai
Telur
Susu kambing
Ikan slam kalengan(dengan tulang)
Ikan sarden(dengan tulang)
Brokoli
Bayam

 

Yodium

Orang bergolongan darah O cenderung mempunyai metabolisme tiroid yang tidak stabil karena kekurangan yodium. Hal ini menyebabkan banyak efek samping, misalnya penambahan berat berat badan, retensi cairan, dan kelelahan. Yodium adalah satu-satunya yodium yang menghasilkan hormon tiroid. Meskipun suplemen yodium tidak dianjurkan, jumlah yodium yang memadai harus ditemukan dalam diet golongan darah O.
Makanan kaya yodium untuk orang golongan darah O

– Makanan hasil laut (khususnya ikan air asin)
– Kelp (ganggang)
– Garam beryodium

Mangan (dengan hati-hati)

Orang bergolongan darah O sulit untuk mendapatkan mangan dalam dietnya karena mangan banyak dipeoleh dari serealia utuh dan kacang polong. Selain itu suplemen mangan jarang dianjurkan. Bagaimanapun, orang bergolongan darah O yang menderita nyeri sendi kronis (terutama pada punggung bawa dan lutut) dapat tertolong dengan suplementasi mangan jangka pendek. Jangan pernah melakukan ini dengan inisiatif sendiri! Karacunan mangan dapat terjadi karena penggunaan yang tidak tepat, dan suplemen ini harus diawasi oleh dokter.

PANTANG

Vitamin A (beta-karoten)

Karena darah Anda cenderung mengalami pembekuan darah yang lebih lambat, saya tidak menganjurkan orang bergolongan darah O untuk mengkonsumsi suplemen vitamin A tanpa terlebih dahulu memeriksakan diri kedokter. Suplemen ini dapat meningkatkan pengenceran darah. Sebaiknya, ambilah manfaat dari makanan yang kaya akan sumber vitamin A atau betakaroten dalam diet Anda.

Makanan kaya vitamin A yang diperbolehkan untuk golongan darah O.
– Ikan air-dingin
– Sayuran berdaun kuning, orange, dan gelap

TANAMAN OBAT / FITOKIMIA

Licorice (Glycyrrhiza glaba)
Kadar asam lambung yang tinggi pada orang bergolongan darah O dapat menyebabkan iritasi lambung. Orang bergolongan darah O juga mudah kena tukak lambung. Sediaan licorice, yang disebut DGL (deglycyrrhizinated licorice) dapat mengurangi rasa tidak nyaman diperut dan mampu mangurangi penyembuhan. DGL banyak dijual ditoko makanan sehat dalam bentuk bubuk atau pastiles manis. Tidak seperti obat tukak lambung, DGL menyembuhkan dinding lambung, selain melindunginya dari asam lambung.

Bladderwrack (Fucus vesiculosis)

Bladderwrack (kelp) adalah nutrien yang baik untuk orang bergolongan darah O. Tanaman ini adalah ganggang yang mengandung yodium dan sejumlah besar gula fukos. Fukosa adalah gula pembentuk antigen O. Kandungan fukosa pada Bladderwrack membantu melindungi usus orang bergolongan O-terutama dari bakteri penyebab tukak lambung (Helicobacter pylori), yang menempel pada dinding lambung orang bergolongan darah O.

Kandungan fukosa pada Bladderwrack ini akan melekat pada Helicobacter pylori, seperti halnya debu melekat pada selotip: memblokir cungkup-cungkup isap pada bakteri itu, mencegahnya melekat pada dinding lambung.

Saya juga telah mendapatibahwa Bladderwrack sangat efektif dalam membantu mengontrol berat badan orang bergolongan darah O-terutama yang menderita gangguan fungsi tiroid. Fukossa pada Bladderwrack ini tampaknya membantu menormalkan laju metabolismem yang lambat dan menurunkan berat badan.

Enzim pankreas

Jika anda adalah orang bergolongan darah O yang belum terbiasa dengan diet berkadar protein tinggi, agar Anda menambahkan ezim pankreas pada makanan Anda, sampai sistem pencernaan Anda menyesuaikan diri terhadap protein yang lebih terkonsentrsasi. Suplemen enzim prankeas dapat diperoleh dibanyak toko makanan sehat.

 

STRATEGI PENGOBATAN

Ilmu pengetahuan modern telah memperkenalkan berbagai jenis pengobatan yang menakjubkan kepada komunitas kedokteran, yang telah diresepkan oleh dokter di seluruh dunia. Tetapi apakah Anda telah berhati-hati saat menggunakan antibiotik dan vaksin? Bagaimanakah mengetahui obat apakah sesuai untuk Anda , keluarga dan anak Anda / Sekali lagi, golongan darah memiliki jawabannya.

Berikut ini ramuan alami yang aman untuk orang bergolongan darah O :
ARTRITIS
Boswella
Kalsium
Garam mandi epsom
Rosmari tea soak

KONGESTI
Teh licorice
Mullein
Nettle
Vervain

KONSTIPASI / SEMBELIT
Serat
Kulit kayu pohon larch (ara-6)
Psyllium
Slippery elm

BATUK
Horehound
Linden

KRAM, KEMBUNG
Teh komomil
Teh adas
Jahe
Teh peppermint
Suplemen probiotik denagn faktor bifidus

DIARE
Bluberi
Elderberi
L. Acidophilus (yoghurt)
Daun rasberi

SAKIT TELINGA
Tetes telinga : bawang putih-mellein-minyak zaitun

DEMAM
Feverfew
Vervain
Kulit kayu white willow
Catnip

FLU
bawang putih
Goldenseal
Arabinogalactan
Teh rose hip

SAKIT KEPALA
Kamomil
Feverfew
Valerian
Kulit kayu pohon white willow

GANGGUAN PENCERNAAN< HEARTBURN (NYERI ULU HATI)
Bladderwrack
Bromelain
Jahe
Peppermint

KRAM SAAT MENSTRUASI
Jamaican dogwood

MUAL
Jahe
Teh akar licorice
Lada merah tumbuk

SINUSITIS
FENUGRIK
Timi

SAKIT TENGGOROKAN
Obat kumur teh funugrik
Obat kumur teh sage dan akar goldenseal

SAKIT GIGI
Pijat gusi dengan bawang putih tumbuk
Pijak gusi dengan minyak daun cengkih

 

PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN

Apakah saya harus melakukan perubahan dulu agar diet golongan darah O saya berhasil ?

Tidak. Sebaiknya, saya justru menganjurkan Anda untuk memulai berlahan lahan, secara bertahap menghindari makanan yang tidak baik bagi Anda dan menambah porsi makanan yang sangat bermanfaat. Banyak program diet yang mengharuskan Anda untuk mengubah hidup secara drastis. Saya rasa akan lebih realitis dan efektif bila Anda melalui proses belaja. Jangan hanya menerima pentunjuk saya mentah-mentah. Andah harus mempelajari dan menyesuaikannya dengan tubuh Anda. Sebelum memulai diet golongan darah O , anda mungkin hanya tahu sedikit mengenai jenis makanan yang bermanfaat dan yang merugikan diri Anda. Anda terbiasa memilih makanan sesuai selera Anda, tradisi keluarga, dan buku diet. Denag cara itu, Anda mungkin menyantap makanan yang bermanfaat. Anakn tetapi, diet golongan darah O memberi Anda sarana untuk menentuakan pilihan setiap saat. Begitu Anda mengetahui rencana makan Anda yang optimal, Anda sesekali diperbolehkan menyimpang dari diet tersebut. Kekakuan merupakan musuh kenikmatan; saya mungkin bukan pendukung kekakuan. Diet golongan darah O dinuat agar Anda merasa senang, bukanya sengsara ataupun kehilangan yang Anda sukai. Jelas, adakalanya akal sehat memerintahkan Anda sedikit untuk melonggarkan peraturan, mau tidak mau harus makan hidangan yang disajikan.

Saya bergolongan darah O dan suami saya bergolongan darah A . Bagaimana agar kami dapat memasak dan makan bersama ? Saya tidak mau menyiapkan dua menu yang terpisah.

Saya dan Martha, istri saya mengalami situasi yang sama. Martha bergolongan darah O dan saya bergolongan darah A. Kami biasanya dapat berbagi 2/3 jenis makanan. Perbedaanya ada pada sumber protein. Sebagai contoh, bila kami memasak stir-fry, Martha akan memasak ayam untuknya dan tahu untuk saya. Atau, bila kami makan pasta, Martha akan menambahkan sedik daging sapi kedalam bagiannya. Hal ini telah menjadi relatif mudah bagi kami karena kami sama sama tahu tentang program diet berdasarkan golongan darah. Anda dapat menggunakan buku Eat Right 4 your Type dan Cook Right 4 your Type sebagai informasi dan petunjuk menjalani hidup bahagia dlam keluarga dengan berbagai tipe golongan darah yang berbeda dalam suatu keluarga maka program diet berdasarkan golongan darah ini dapat berhasil-tapi saya pun telah memikirkannya. Ada lebih dari 200 jenis makanan di dlam daftar setiap program diet – banyak sama antar golongan darah. Dengan mempertimbangkan bahwa setiap orang hanya mengkonsumsi 25 jenis makanan, diet golongan darah sebenarnya menawarkan lebih banyak piliha, dan bukan sebaliknya.

Mengapa Anda menganjurkan porsi yang berbeda berdasarkan garis keturunan (asal usul nenek moyang) ?

Daftar porsi berdasarkan garis keturunan sekedar merupakan penyempurnaan diet agar bermanfaat bagi Anda. Pada dasarnya pria, wanita, dan anak –anak mempunyai standar porsi yang berbeda. Untuk itu, diet juga disesuaikan ukuran tubuh dan berat badan, wilayah geografis, dan makanan sesuai budaya. Pentuk ini akan membantu Anda untuk memulai diet hingga merasa aman dengan nya sehingga Anda secara alami akan mengkonsumsi makanan pada porsi yang sesuai. Porsi yang dianjurkan juga mempertimbangkan maslah-masalah spesifik orang – orang (dari garis keturunan berbeda) cenderung hadapi sehubungan dengan makanan. Sebagai contoh, orang Amerika Afrika kerap tidak tahan laktosa dan kebanyakan orang Asia tidak mengkonsumsi produk susu. Untuk itu, mereka harus mengkonsumsi makanan ini secara bertahap guna mengurangi reaksi negatif tubuh.

Haruskah saya menyantap semua makanan yang digolongkan “sangat bermanfaat”

Tidak mungkin Anda harus mengkonsumsi makanan setiap jenis makanan didalam diet Anda. Anggaplah golongan darah Anda seperti palet pelukis yang memungkinkannya memilih berbagai macam kombinasi warna dan bayangan. Bagaimanapun, jika mungkin, cobalah mengkonsumsi berbagai jenis makanan setiap minggunya. Bila Anda bertubuh kecil, kurangi porsinya, tapi pertahankan frekuensi regulernya. Cara ini akan menjamin nutrien yang paling pentingterus-menerus masuk kedalam aliran darah dalam jumlah yang tetap.

Apakah yang harus saya lakukan bila makanan yang “pantang” mencapai ¼ atau 1/5 bagian makanan dalam suatu resep masakan ?

Hal itu tergantung pada tingkat kondisi dan kelenturan tubuh Anda. Bila terdapat alergi makanan atau kcolitis (radang usus besar), Anda mungkin ingin menghindari makanan itu secara total. Banyak pasien yang tubuhnya sangat lentur dan fleksibel menghindari semua makanan yang menjadi pantangan, meski saya pikir hal seperti ini terlalu ekstrem. Apabila Anda sedang tidak menderita kondisi alergi tertentu, tidak ada salahnya mencoba makanan pantangan ini sesekali.

Apakah berat badan saya akan turun denagan diet golongan darah ?

Ada beberapa jawaban untuk pertanyaan ini.
Pertama, banyak kali orang yang kelebihan berat badan mengkonsumsi makan yang tidak seimbang – makan tersebut mengacaukan metabolisme, akibatnya pencernaan terganggu, dan terjadilah rentesi air. Semua faktor inilah yang menyebabkan kegemukan. Diet golongan arah adalah merupakan diet yang seimbang, secara khusus disesuaikan dengan Anda. Bila Anda mengikuti diet golongan darah, metabolisme tubuh Anda akan menyesuaikan hingga ketingkat normalnya sehingga secara efisien akan membakar kalori Anda; sistem pencernaan akan mengelolah nutrien dengan baik dan mengurangi retensi air. Dalam waktu yang relatif cepat, berat badan mungkin akan menyesuaikan. Dlam praktis saya, banyak pasien yang bermassalah dengan berat badan juga memiliki riwayat diet tidak seimbang yang kronis. Orang mungkin berpikir diet secara teratur akan menurunkan berat badan. Sayangnay hal itu tidak terjadi bila struktur diet dan makanan yang dikonsumsi berlawanan dengan tipe tubuh Anda. Didalam budaya kita, kita cenderung mengajukan program penurunan berat badan “satu ukuran cocok untuk semua”, dan kemudian kita bertanya tanya mengaopa itu tidak berhasil. Jawabnya jelas sekali ! Setiap golongan darah merespons makanan secara berbeda. Sebagai contoh, orang bergolongan darah O akan mengelolah roti dan pasta secara efektif dibandingkan dengan orang bergolongan darah O , namun protein hewani yang merak makan cenderung disimpan dlam bentuk lemak. Apa bila Anda ingin menurunkan berat badan, golongan darah Anda akan mengatakan kepada Anda bagaimana caranya kepada Anda. Dengan mungkin program latihan yang dianjurkan, Anda akan segera melihat hasilnya.

Apakah kalori berperan pada diet golongan darah ?

Ada periode penyesuaian dalam diet ini, dan sejalan dengan waktu, Anda akan dapat menyesuaikan jumlah makanan dengan kebutuhan. Penting untuk mengetahui porsi diri sendiri. Tidak peduli yang Anda makan, makan terlalu banyak pasti membuat Anda gemuk. Hal ini mungkin sudah begitu jelas sehingga tidak perlu disebutkan. Akan tetapi, makan secara berlebihan telah menjadi maslah kesehatan yang paling sulit dan berbahaya di Amerika. Juataan tubuh orang Amerika membersar dari normalnya dan mengalami kesulitan mencerna karena banyaknya jumlah makanan yang mereka konsumsi. Ketika Anda makan secara berlebihan, dinding perut akan melar seperti balon yang ditiup. Meski otot dinding perut elastis dan diciptakan untuk mengerut dan mengembang, bila terlalu melar akan mengakibatkan sel-sel dinding perut mengalami peregangan yang luar biasa. Jika Anda makan sampai kekenyangan, dan biasanya Anda merasa males setelahnya, cobalah untuk mengurangi ukuran porsinya. Belajarlah untuk mendengarkan apa yang dikatakan tubuh Anda.

Tahu sepertinya makanan yang tidak menarik. Haruskah saya makan tahu bila saya bergolongan darah O ?

Banyak orang bergolongan darah O yang mulanya enggan memakan tahu. Memang tahu bukanlah makanan yang menarik. (Karena dulu saya adalah maha siswa yang bergolongan darah O yang miskin, hampir setiap hari saya memakna tahu dan beras cokelat dan sayuran. Maaf saya benar-benar menyukainay.) Menurut saya masalah terbesar tahu adalah cara penyajiannya dipasar. Tahu, yang lunak maupun yang keras, dicampur dlam ember plastik besar, terendam dalam air dingin. Ketika orang dapat mengatasi keengganan awal mereka dan membeli satu atau dua “keu” tahu, banyak orang lalu membawanya pulang, menaruhnya diatas piring, dan langsung memakannya. Ini adalah cara buruk untuk mencicipi tahu! ( Tidak bedah jahu dengan memakan telur mentah dan mengunyahnya…. sangat tak menarik!) Bila Anda ingin mengelola tahu,yang terbaik adalah memasak dan mencampurnya dengan sayuran dan bumbu masak yang Anda sukai, seperti bawang putih, jahe, dan kecap. Tahu adalah makan yang bergizi lengkap yang tidak mahal. Jalan menuju sehat bagi orang yang bergolongan darah O adalah dengan makan tahu!

Saya belum pernah mendengar serealia yang Anda sebutkan. Dimanakah saya bisa mendapatkan ?

Bila Anda ingin mencari serealia alternatif, carilah toko makanan kesehatan. Beberapa tahun belakangan ini, banyak serealia dari zaman lampau yang telah terlupakan kembali ditemukan diproduksi. Sebagai contoh, amaran (serealia dari meksiko) dan splet (suatu varian gandum). Cobalah! Rasanya tidak buruk. Tepung splet dapat diolah menjadi roti besar yang kenyal dan gurih, sementara beberapa serealia untuk sarapan pagi yang kini terbuat dari amaran. Alternatif lain adalah roti dari kecambah gandum yang kadang disebut roti “Ezekiel” atau “Essene” karena lektin gluten yang terutama melekat pada biji hancur selama pross perkecambahan. Roti ini mudah basi dan biasanya mudah dijumpai di dalam lemari es toko-toko makanan sehat. Semua makanan ini adlah makanan “hidup” yang masih banyak memiliki enzim penting yang bermanfaat. (Berhati-hati dengan roti “kecambah gandum” yang diproduksi secara massal karena biasanya mengandung sedikit kecambah gandum, sebaliknya lebih banyak mengandung tepung gandum.) Roti dari kecambah gandum ini lembab, kenyal, dan agak manis karena proses perkecambahan juga menghasilkan gula. Roti ini sangat cocok dijadikan roti panggang.

Apakah saya harus mengkhawatirkan ragi dalam roti ?

Banyak orang khawatir bahwa ragi dalam roti karena akan menimbulkan masalah, khususnya bagi mereka yang menderita sindrom saluran pencernaan yang teriritasi. Sejujurnya, saya tidak melihat hal ini sebagai suatu masalah. Saya pikir, reaksi yang oleh banyak orang curigai sebagai akibat adanya ragi dalam roti sebenarnya adalah reaksi antara lektin gluten dan senyawa kimia dalam darah pada saluran pencernaan. Saya yakin dalam hal ini karena pasien-pasien ini dapat mentolenransi roti beragi tinggi yang terbuat dari serealia yang sesuai untung golongan darah mereka. Serealia lain yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti jagung dan gandum adalah beras cokelat, gandum rye, gandum millet, gandum oat, bakwit, dan beras ketan.

Saya telah memulai melaksanakan anjuran Anda dan melihat adanya perbedaan denagan kesehatan saya. Pertanyaan saya adalah bagaimana kacang tanah dikatakan menyehatkan apabila kacang tanah itu sendiri mengandung aflatoksin ?

Belum lama ini, seorang yang terkenal di bidang kesehatan alternatif mengeluarkan pernyataan yang meragukan keamanan kacang tanah yang dijual dipasaran. Sebagai jawaban untuk pertanyaan “Apakah mentega kacang tanah mengakibatkan kanker?”/ pihak yang berwenang menjawab bahwa “relatif umum bagi aflatoksin untuk menyebabkan keracunan yang disebut aflatoksikosis”. Pernyataan ini bisa sangat diragukan. Tidak ada kasus aflatoksikosis di Amerika Serikat yang pernah dilaporkan dalam MEDLINE (suatu basis data medis), sebaliknya hanya menyebutkan beberapa kasus dinegara dunia ketiga (Uganda, 1971; India,1975; dan Malaysia, 1991), dimana metode penyimpanan dan identifikasi diperkirakan menjadi penyebabnya. Sungguh, meskipun dalam kasus-kasus ini dilaporkan adanya ledakan jumlah kasus, tidak ada dikaitan dengan komisi kacang tanah! Kasus ini Uganda dan India adalah jagung yang terkontaminasi, sedangkan diMalaysia disebabkan oleh sejenis mi. Bagi saya, hal ini tidak terdengar “relatif umum” ataupun memberi implikasi langsung bahwa kacang tanah merupakan sumber aflatoksin yang lebih bahaya daripada jagung dan kenari.
Di Amerika Serikat, FDA membuat peraturan tentang aflatoksin, sehingga hal itu dapat dihindari dan diminimalkan dengan praktik pertanian dan pengelolahan (pabrik) yang layak. Aflatoksin dalam produk makanan menjadi sangat terkontrol dan kekwatirkan atas keselamatan pun menurun dratis. Selain upaya FDA untuk menyakinkan keamanan dan kualitas makanan dan pakan ternak, USDA juga menjalankan program kontrol bersama departemen pertanian dan berbagai asosiasi perdagangan dan industri.

Anak saya yang berusia tujuh dan lima tahun tidak suka menoba hal baru. Keduanya bergolongan darah O , dan saya sulit mengganti susu mereka dari susu sapi menjadi susu kedelai dan dari daging ke makanan daging. Bagaimana saran Anda ?

Pendekatan terbaik pada anak-anak adalah dengan menerapkan proses perubahan secara perlahan dan bertahap. Untuk memulai, area yang menjadi fokus utama adalah memberikan makanan kepada mereka yang bermanfaat untuk orang bergolongan darah O . Sabarlah saat mengurangi susu sapi dan gandum (perlahan-lahan). Ingatlah bahwa kesukaan pada makanan tertentu itu perlu dipelajari. Studi telah membuktikan bahwa anak-anak bila dibiarkan memilih sendiri, akan dapat membedakan makanan mana yang baik dan yang buruk daripada bila orangtu a yang memilikannya untuk mereka. Oleh karena itu, semboyannya adalah sajikan makanan yang baru dan bersabarlah.

 

Published in: on 17 Mei 2012 at 16:56  Comments (1)  

The URI to TrackBack this entry is: https://boedaksatepak.wordpress.com/2012/05/17/diet-golongan-darah-o/trackback/

RSS feed for comments on this post.

One CommentTinggalkan komentar

  1. Trims..sangat b’manfaat bagi saya dan keluarga. Salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: