Diet Golongan Darah B

 

Hubungan Diet dan Golongan darah B

 

Hubungan antara diet dan golongan darah ternyata apabila kita kaji sudah terjalin sejak zaman nenek moyang kita. Hanya waktu itu belum detail seperti saat ini. Pada dasarnya gen untuk orang bergolongan darah B berkembang pada suatu titik dimana ketika peradaban manusia beralih dari hidup berpindah-pindah ke komunitas agrasi yang menetap di suatu tempat. Golongan darah ini juga memungkinkan nenek moyang kita bertahan hidup dan berkembang dengan jenis makanan berbasis daging, produk susu, serealia, dan sayuran .

Ajaibnya pada abad ke-21 ini, sistem pencernaan orang golongan darah B masih mempertahankan kecenderungan terhadap makanan seperti zaman dulu. Golongan darah adalah kunci bagi keseluruhan sistem kekebalan tubuh, dan hal ini adalah faktor penjelas esensial di dalam profil kesehatan Anda. Antigen golongan darah berfungdsi sebagai penjaga gerbang, penciptakan antibodi untuk menangkap penyelundup yang berbahaya.

Saat antibodi mengenali antigen dari mikroba penyerbu, terjadilah serangkaian reaksi yang disebut “ aglutinasi” (secara harfiah berarti melekat) atau menggumpal. Antibodi akan menempel pada antigen dari virus / mikroba itu dan melekat begitu erat. Ketika sel-sel, virus, parasit, dan abkteri menggumpal, proses penghilangan pun menjadi lebih mudah. Akan tetapi, ada banyak hal lain yang terlibat dalam proses terjadinya penggumpalan. Ilmuwan telah mempelajari bahwa ada banyak makanan yang berpotensi menggumpalkan sel-sel pada golongan darah tertentu. Artinya, sesuatu jenis makanan dapat berbahaya bagi sel-sel dari salah satu golongan darah, tapi bermanfaat bagi sel-sel dari golongan darah yang lain. Serangkaian reaksi kimia terjadi antara darah Anda dengan makanan yang Anda konsumsi. Reaksi ini merupakan bagian dari warisan genetis Anda.

Kami mengetahui hal ini karena adanya sebuah faktor yang disebut “lektin”. Lektin, yaitu protein yang beraneka ragam yang banyak dijumpai di dalam makanan, mempunyai faktor penggumpal yang akan memengaruhi darah Anda. Lektin adalah cara yang ampuh bagi organisme di alam untuk menempelkan diri pada organisme lain. Sering kali, lektin yang digunakan oleh virus atau bakteri bersifat spesifik pada golongan darah tertentu. Dengan demikian, virus atau bakteri atau hama yang cenderug “lebih lengket “ pada seseorang bergolongan darah tersebut.

Lebih lanjut, ketika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lektin yang tidak sesuai dengan antigen dari golongna darah Anda, lektin tersebut akan menyasar organ atau sistem tubuh (ginjal, hati, otak, perut, dan yang lainnya) dan mulai penggumpalan sel-sel diwilayah tersebut. Sebagai contoh, lektin pada kacang Lima bereaksi silang dengan antigen dari golongan darah B, dengan cara menyerang enzim pencernaan dan mengganggu produksi hormon insulin.

Makanan untuk golongan darah B adalah cara alami untuk membalikan fungsi penjagaan dari sistem kekebalan tubuh Anda, membalikan jam metabolisme Anda, dan membersikan darah dari lektin yang berbaya. Setiap orang akan menyadari beberapamanfaat dari diet ini, tergantung pada kondisi tubuh dan kelentrurannya.

Pedoman Diet untuk orang bergolongan Darah AB

Kunci diet golongan darah B adalah keseimbangan. Orang bergolongan darah B tumbuh dan berkembang baik dengan apa yang telah disediakan oleh dunia hewan dan tumbuhan. Artinya, golongan darah B menunjukan kemajuan yang canggih dalam perjalanan evolusi, yaitu suatu upaya untuk menyatukan berbagai kebudayaan dan orang.

Apabila Anda mengkonsumsi makanan dengan komposisi seimbang dengan daging, produk, susu, serealia, dan sayuran, Anda akan mengendalikan berat badan dan mencegah penyakit-penyakit berat yang lazim pada kehidupan modern, seperti penyakit jantung dan kanker. Diet golongan darah B akan berhasil karena Anda dapat mengikuti sebuah pedoman diet yang jelas, logis, berdasarkan penelitian, dapat dipertanggung jawabkan, dan berdasarkan profil seluler Anda.

Diet Anda dibagi menjadi empat belas kelompok makanan :
Daging dan unggas
Makanan hasil laut
Telur dan produk susu
Minyak dan lemak
Kacang dan biji-bijian
Buncis dan polong-polongan
Serealia, roti, dan pasta
Sayuran
Buah
Jus dan Sirop
Rempah-rempah
Bumbu masak
Tanaman obat dan teh herbal
Berbagai minuman

Pada setiap kelompok, makanan ini dibagi menjadi tiga katagori: SANGAT BERMANFAAT, NETERAL, dan PANTANG. Lihatlah pembagian dengan cara ini :

SANGAT BERMANFAAT adalah makanan yang beraksi seperti OBAT.
PANTANG adalah makanan yang bereaksi seperti RACUN.
NETERAL adalah makanan yang bereaksi seperti MAKANAN.

Diet golongan darah B meliputi berbagai macam makanan, karena itu tidak perlu khawatir adanya pembatasan makanan tertentu. Jika mungkin, Anda dapat mengkonsumsi lebih banyak makanan dengan katagori sangat bermanfaat daripada makanan Netral. Namun demikian, tidak ada salahnya bila Anda menikmati makanan Netral kesukaan Anda karena makanan ini tidak merugikan dan mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi diet yang seimbang. Di bagian atas setiap kategori, Anda akan melihat bagan seperti berikut (perhatikan bahwa frekuensi kadang mingguan kadang harian) :

Golongan darah B

Frekuensi mingguan,
bila Anda keturunan…

Porsi yang dianjurkan sesuai dengan leluhur bukanlah aturan baku. Tujuannya untuk menunjukan cara diet yang cocok, dengan cara yang digunakan oleh leluhur kita dulu. Meskipun orang orang dari berbagai ras dan budaya memiliki golongan darah yang sama, mereka tidak selalu memunyai frekuensi gen yang sama. Juga terdapat pariasi geografis dan budaya, seperti perbedaan ukuran tubuh dan berat badan orang. Gunakan anjuran tersebut bila dipandang perlu dan abaikan jika tidak sesuai. Pada tiap khasus, cobalah untuk merumuskan rencana dan porsi Anda sendiri.

DAGING DAN UNGGAS

Golongan darah B

Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan

Pada sistem golongan darah B tampak adanya suatu hubungan langsung atara stres, gangguan sistem kekebalan tubuh, dan daging merah. Hal ini disebabkan nenek moyang dari orang bergolongan darah B dapat beradaptasi secara lebih baik pada jenis daging lain. Apabila Anda lebih lesu atau menderita penurunan daya tahan tubuh, sebaiknya Anda mengonsumsi daging merah seperti daging domba, daging domba dewasa, atau daging kelinci beberapa kali seminggu daripada daging sapi atau kalkun.

Menurut pengalaman, salah satu hal yang paling sulit bagi orang bergolongan darah B adalah menghentikan mengonsumsi daging ayam. Daging ayam mengandung lektin yang dapat menggumpalkan darah orang bergolongan darah B. Lektin tersebut dapat didalam otot ayam. Bila Anda lebih suka unggas dari pada daging merah, lebih baik makan daging kalkun atau daging burung pegar.

SANGAT BERMANFAAT Daging kambing
Daging kelinci
Daging domba
Danging
rusa

NETERAL Daging sapi
Daging pegar
Daging kerbau
Daging kalkun
Daging domba
Daging anak sapi
Daging burung unta

PANTANG

Daging asap
Jantung
Daging ayam
Daging kuda
Daging ayam betina
Daging ayam hutan
Daging bebek
Daging babi
Daging angsa
Daging pegar
Daging belibis
Daging anak burung
Dara
Daging ayam betina
Daging tupai
Daging ham
Daging penyu

MAKANAN HASIL LAUT

Golongan darah B

Frekuensi mingguan,
bila Anda keturunan…

Orang bergolongan darah B berkembang lebih baik karena makanan hasil laut, khususnya ikan laut dalam, seperti ikan kod dan ikan salem, yang kaya dengan minyak bergizi. Ikan berdaging putih, seperti ikan flounder, ikan halibut, dan sole adalah sumber protein berkualitas tinggi untuk orang bergolongan darah B. Hindari kepiting lobster, udang, remis, dan lainnya. Hewan-hewan laut itu mengandung lektin yang akan mengganggu sistem golongan darah B.

SANGAT BERMANFAAT

Kaviar Ikan mongkis
Ikan cod
Ikan perch samudra
Ikan croaker
Ikan pikeral
Ikan plounder
Ikan pike
Ikan grouper
Ikan porgy
Ikan haddock
Ikan salem
Ikan hake
Ikan sadin
Ikan halibut
Ikan shad
Ikan harvest
Ikan sole
Ikan makeral
Ikan sturgeon
Ikan mahimahi

NETERAL

Kerang abalon
Ikan snaper merah
Ikan blufish
Ikan rosefish
Ikan bullhead
Ikan seilfish
Ikan mas
Skalop (sejenis remis)
Ikan catfish
Scord (anak ikan cod atau haddock)
Ikan chub
Ikan scup
Ikan cusk
Ikan hiu
Ikan drum
Ikan smelt
Ikan sole abu-abu
Cumi-cumi (kalamari)
Ikan hering (segar)
Ikan todak
Ikan mulet
Ikan tilapia
Ikan muskellunge
Ikan tuna
Ikan mata opal
Ikan weakfish
Ikan roughy oranye
ikan whitefish
Ikan kakatua
Ikan whiting
Ikan pompano

PANTANG

Ikan ankovi
lobter
Ikan barakuda
Loks (daging ikan salem asin/asap)
Ikan bass (semua jenis)
Remis
Ikan beluga
Gurita
Ikan butterfish
tiram
Kepah
Ikan pollack
Keong
Udang
Kepiting
Siput
Crayfish (sejenis loster kecil)
Ikan trout
Belut
Penyu
Kodok
Ikan ekor kuning

TELUR DAN PRODUK SUSU

Golongan darah B

Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan

Hanya orang bergolongan darah B yang dapat menikmati hampir semua produk susu. Hal ini disebabkan gula primer dalam antigen golongan darah B adalah D-galaktosamin, yang sama dengan gula pada susu. Produk susu yang pertama kali dikenalkan sebagai makanan manusia saat orang bergolongan darah B mencapai perkembangan yang tinggi, yaitu saat orang memelihara hewan. (telur tidak mengandung lekti, sedangkan daging ayam mengandung lektin yang terdapat pada jaringan otot).

Bagaimanapun, terdapat kebiasaan leluhur yang mengaburkan pandangan ini. Orang Asia bergolongan darah B mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan produk susu bukan karena sistem tubuh yang menentangnya, tetapi karena kebudayaanlah yang menolaknya. Produk susu baru dikenal orang Asia saat penyerbuan bangsa Mongolia. Orang Asia menganggap susu adalah makanan orang barbar sehingga tidak pantas dikonsumsi.

Stigma tersebut masih tertanam sampai sekarang, meskipun ada sebagaian besar orang bergolongan darah B di Asia yang melakukan diet berunsur kacang kedelai yang dapat merusak sisitim mereka. Orang Afrika bergolongan darah B juga mempunyai masalah adaptasi dengan produk susu. Golongan darah B hampir tidak dikenal di Afrika, dan banyak orang Afrika yang tahan laktosa.

SANGAT BERMANFAAT Keju cottage
Susu kambing
Keju petani
Keju mozzarella
Keju feta
Keju india
Keju kambing
Keju ricotta
Kefir
Yoghurt
Susu sapi

NETERAL

Keju brie
Keju gruyere
Mentega
Krim half & half
Susu mentega
Keju jarsberg
Keju kamember
keju monterey jack
Kasein
Keju moenster
Keju ceddar
keju parmesan
Keju krim
Keju provolone
Keju edam
Keju quark
Telur ayam
Minuman serbet
Keju emmenthal
krim asam
Ghee (mentega yang dimumikan dari india)
keju swiss
Keju gouda
Gadih

PANTANG Keju Amerika
Es krim
Keju biru
Keju string
Telur (bebek,angsa, puyuh)

MINYAK DAN LEMAK

Golongan darah B

Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan

Minyak zaitun dalam diet membuat saluran pencernaan dan pernapasan menjadi lebih baik dan sehat. Gunakan minyak zaitun paling sedikit satu sendok makan setiap hari. Hindari minyak wijen, minyak bunga matahari, dan minyak jagung, karena mengandung lektin yang merusak saluran pencernaan pada bergolongan darah B.

SANGAT BERMANFAAT
Minyak zaitun

NETERAL
Minyak buah badam/almon
Minyak biji rami
Minyak biji anggur hitam
Minyak biji kenari
Minyak hati ikan cod
Minyak biji gandum
Minyak epening primrose

PANTANG
Minyak borage
Minyak kacang tanah
Minyak konala
Minyak safflower
Minyak kastor
Minyak wijen
Minyak kelapa
minyak kedelai
Minyak jagung
Minyak bunga matahari
Minyak biji kapas

KACANG-KACANGAN DAN BIJI-BIJIAN

Golongan darah B Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan ………

Kebanyakan kacang-kacangan dan biji-bjian tidak dianjurkan untuk orang begolongan darah B, kacang tanah, biji wijen, biji bunga matahari adalah sebagian dari kacang-kacangan dan biji-bijian yang mengandung lektin yang menggang produksi insulin pada orang bergolongan darah B. Mungkin akan sulit bagi orang Asia yang bergolongan darah B untuk tidak mengkonsumsi minyak wijen dan hasil olahannya. Pada kasus ini, golongan darah Anda lebih banyak berpengaruh dari pada kebuayaan.

SANGAT BERMANFAAT
Kenari (hitam)

NETERAL

Buah badam/ almon
Kacang hikori
Mentega buah badam
Biji rami
Kacang beech
kacang macadamia
Kacang butter
Kacang pecan
Berangan (chestnut)
Kacang kenari (inggris)

PANTANG
Kacang mete
Biji OPIUM
Kacang filbert (hezel)
Biji labu
Kacang tanah
Biji wijen
Kacang pignola (biji pinus)
Mentega bunga matahari
Kacang pistakio
Biji bunga matahari

BUNCIS DAN POLONG- POLONGAN

Golongan darah B Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan ………

rang bergolongan darah B dapat makan berbagai jenis polong-polongan. Tetapi polong-polongan, seperti miju (lentil), garbanzo, pinto, dan kacang mata hitam, mengandung lekin yang mengganggu produksi insulin. Secara umum, orang Asia yang bergolongan darah B lebih dapat menoleransi polong-polongan daripada orang bergolongan darah B yang lain, karena secara budaya mereka telah terbiasa dengan polong-polongan.

SANGAT BERMANFAAT
Kacang ginjal
Kacang navi
Kacang lima

NETERAL

Kacang babi
Kacang northem
Kacang kenelini
Kacang merah
Kacang tembaga
Kacang Snap
Kacang fava
Kacang string
Kacang buncis
Kacang tamirind
Kacang jikama
Kacang putih

PANTANG

Kacang adzuki
Keju kedelai
Kacang hitam
Sereal soy flakes
Kacang mata hitam
Butiran/granul kedelai
Kacang garbanzo Susu kedelai
Miju-miju
Miso kedelai
Kacang mung/kecambahnya
Tempe
Kacang pinto
Tahu
Kacang kedelai

SEREALIA, ROTI, DAN PASTA

Golongan darah B Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan ………

Ada beberapa orang golongan darah B dapat menerima hasil olahan gandum. Tetapi, secara keseluruhan mereka seperti orang bergolongan darah O yang tidak tahan gandum. Glutin gandum mengandung lektin, yang tersimpan dalam jaringan otot, menyebabkan lebih lambatnya penyebaran kalori dan menurunnya kecepatan metabolisme.

Makan yang tidak segera diolah akan disimpan menjadi lemak, sehingga gandum dapat menjadi faktor yang menyebabkan kenaikan berat bedan bagi orang bergolongan darah B. Orang bergolongan darah ini juga harus menghindari gandum hitam (rye), yang mengandum lektin yang menetap dalam sistem pembuluh darah, yang mengakibatkan gangguan darah dan stroke. Jantung dan backwheat menjadi faktor utama penyebab kegemukan pada orang bergolongan darah B. Lebih dari makanan yang lain keduanya berperan pada metabolisme yang tidak efesien/lambat, ketidak teraturan insulin, retensi cairan, dan letih lesu.

Cobalah roti essene atau roti ezekial. Roti tersebut bernutrisi tinggi. Meskipun mengandung kecambah gandum, lektin guletinnya telah dirusak oleh proses perkecambahan sehingga dapat dicerna oleh orang bergolongan darah B.
Anda untuk mengatur asupan roti, pasta, dan nasi dalam porsi sedang. Bila Anda mengonsumsi daging, makanan hasil laut, dan produk susu yang dianjurkan, Anda tidak lagi memerlukan nutrisi dari roti , pasta, dan beras.

SANGAT BERMANFAAT

Roti Essense ( roti manna)
Kue beras
Millet
Susu beras
Kulit gandum oat
tepung rye
Beras (sereal)
Bubur gandum oat
Spelt (utuh)
Kulit beras

NETERAL

Sajian krim beras
Beras putih/cokelat/basmati)
Roti ezekiel (dikecambahkan)
Tepung beras
Farina
Roti dari tepung kedelai
Roti tanpa gluten
Produk dari tepung spelt
Granola
Pasta bayam
Sereal grape-nuts
Gandum (olahan tanpa pemutih)
Quinoa
gandum (produk tepung semolina)
Roti beras
Gandum (produk tepung putih)
Roti gandum, dikecambahakan (bukan roti essene/Ezekiel)

PANTANG

Amaran
Gandum hitam
Pasta artichoke
Roti gandum hitam 100%
Jawawut
Tepung gandum hitam
Bucjwheat/kasha
Roti/sereal seven grain
Jaung (putih/kuning/biru)
Sereal shredded wheat
Sereal cornflakes
Mi soba
Sereal cornmeal
Sorghum
Couscous (gandum tumbuk)
Tapioka
Sajian krim gandum
Telf
Tepung gluten
Kulit gandum
Grits
Biji gandum
Kamut
Gandum (produk tepung gluten)
Berondong kasha
Gandum (produk gandum utuh)
Beras (wild)

SAYUR SAYURAN

Golongan darah B Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan ………

Terdapat sayuran bergizi dan berkualitas tinggi yang tersedia bagi orang bergolongan darah B. Dapat semua manfaatnya dengan mengonsumsi hidangan tiga sampai lima kali sehari. Hanya ada sebagian kecil sayuran yang harus dihindari oleh orang bergolongan darah B, tapi hal ini harus diperhatikan secara saksama.

Jagung mengandung lektin yang berdampak negatif pada saluran pencernaan dan darah. Radis dan articok juga tidak baik untuk saluran pencernaan orang bergolongan darah B. Tomat juga harus dihindari. Orang bergolongan darah B harus menghindari buah zaitun, karena jamurnya dapat memicu reaksi alergi.
Karena orang bergolongan darah B cenderung rentan terhadap penyakit autoimun dan virus, makanlah sayuran hijau yang banyak magnesium. Magnesium adalah agen antivirus yang penting.

SANGAT BERMANFAAT

Beet
Kubis brussel
Beet hijau
Kubis, semua jenis
Brokoli
Mustard hijau
Collard hijau
Parsnip
Daun peterseli
Terung
Jahe
Ubi
Jamur shiitake
Wortel
Kale
Yam
Kembang koll

NETERAL

Acar (dalam air garam atau cuka)
Kacang string
Adas “pedas”
Karawai
Andewi
Kecambah alfalfa
Arugula
Kelp (ganggang laut)
Asparagus
Kentang (semua jenis yg berumbi putih)
Bawang merah
Kholrabi
Bawang perai
Labu (semua jenis kecuali waluh)
Bawang putih
Lobak china
Bawang bombay, semua jenis
Lobak horseradish
Bayam
Mentimun/jus
Barangan air
Okra
Beet daun
Pakis
Brokoli raab
pimento
Cabai
Poi
Chicory
rapini
Daikon radis
Rebung bambu
Dandelion
Rutabaga
Dill
Sawi/bok choy
Escarole
Scallion
Ganggang laut
Selada air
Jamur abalone
Selada, semua jenis
Jamur dolar perak
Seledri
Jamur enoki
Sereliak/akar seledri
Jamur maitake
Servil
Jamur portobello
Talas
Jamur tiram
Yucca
Jus wortel
Zucchini
Kacang ercis/kapri

PANTANG
Articok, semua jenis
Radis
Avokad
Rhubarb
Jagung
tomat
Kecambah kacang mung
Waluh
Kecambah radis
Zaitun, semua jenis

BUAH-BUAHAN

Golongan darah B Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan ………

Hanya sedikit buah-buahan yang harus dihindari oleh orang bergolongan darah B, dan ada banyak buah yang bermanfaat yang menjadi pilihan. Nanas sangat bermanfaat untuk orang bergolongan darah B yang rentan terhadap kegemukan, khususnya bagi mereka yang tidak mengkonsumsi produk susu dan daging.

Bromelia, yaitu enzim yang ada pada nanas, membantu makanan agar mudah dicernah. Anda dapat memilih buah-buahan dengan bebas dari daftar berikut. Jika tidak dinyatakan secara terpisah, semua buah dalam berikut ini dapat disajikan dalam bentuk jus

SANGAT BERMANFAAT
Anggur, semua jenis
Pisang
Kranberi
Plum, semua jenis
Nanas
Semangka
Pepaya

NETRAL

Apel/cuka apel
Loganberi
Aprikot
Mangga
Beri hitam
Melon canang
Blu beri
Melon christmas
Boysenberi
Melon crenshaw
Buah ara (segar/kering)
Melon madu
Buah sukun
Melon musk
Ceri, semua jenis
Melon persia
Dewberi
Melon spanyol
Elderberi
Mulberi
Gooseberi
Nektarin
Jambu biji
Persik
Jeruk
Pir
Jeruk keprok
Pir asia
Jeruk limau
Pisang raja
Jeruk mandarin
Prune
Jeruk sitrun
Quince
Kismis
Rasberi
Buah currant, hitam dan merah
Sagu
Kiwi
Stroberi
Kumquat (jeruk tiongkok)
Youngberi
Kurma
Kesemek

PANTANG
Pare
Delima
Kelapa/santan
Pir prikli
Kesemek
Kesemek

JUS DAN SIROP

Golongan darah B Frekuensi mingguan, bila Anda keturunan ………

Kebanyakan jus sayuran dan buah-buahan baik untuk orang bergolongan darah B. Pilihlah sayuran dan buah-buahan yang dianjurkan dalam daftar. Setiap pagi dan bagun tidur, untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan syara, minumlah koktail pencair membran. Saya menyebut demikian karena itu adalah hal yang menarik , tidak lebih. Campurlah satu sendok makan minyak biji rami, satu sendok makan granula lesitin berkualitas tinggi, dan 6 -8 ounce buah. Kocok dan minumlah.

Membran fluidzer cocktail menyediakan kolin, serin, dan etanolamin berkadar tinggi, yang bernilai lebih bagi orang bergolongan darah b. Anda mungkin terkejut dengan rasanya yang enak, karena lesitin melarutkan minyak dan membuatnya bercampur dengan jus.

BUMBU-BUMBUAN

Orang bergolongan darah B dapat menerima dengan baik tanaman obat yang menghangatkan seperti jahe, lobak, kari, ceyenne,pepper, kecuali lada hitam dan putih, karena mengandung lektin. Dilan pihak, tanaman obay yang manis cenderung mengiritasi lambung.

Jadi, hindari gula jawawut, pati jagung, dan kayu manis. Perkecualiannya adalah gula putih dan cokelat, madu, serta sirop kental yang bereaksi netral pada sistem saluran pencernaan orang bergolongan darah B. Anda dapat mengonsumsi gula dalam jumlah sedang. Anda juga boleh memakan sedikit cokelat, tapi jangan anggap itu sebagai makanan utaman.

SANGAT BERMANFAAT
Bumbu kari
Horseradish
Cayenne pepper(bubuk cabai)
Jahe
Daun peter seli
Sirop kental (blackstrap)

NETERAL

Adas manis
Kunir
Agar-agar
Kunyit
Alga merah
lada peppercorn
Garut/ararut
lada red flakes
Asam jawa
Madu
Bawang putih
Marjoram
Bergamot
Mustard
Biji pala
Oregano
Bubuk pedas
Panili
Bunga pala
Paprika
Caper
Pektin apel
Carob
Peppermint
Cengkih
Peterseli
Cokelat
ragi
Cuka, semua tipe
rosmari
Daun salam
Sage
Daun selasi/kemangi
savori
Fruktosa
Servil
Garam laut
Sirop beras
Gula putih dan cokelat
Sirop kental
Jemuju
sirop mapel
Jintan
Spearmint
Kapulaga
Tamari
Kelp (ganggang laut)
Taragon
Ketumbar/daun
Timi
Krim tartar
Wintergreen
Kucai

PANTANG

Aspartam
Kecap
Buah jenever/juniper
Lada (hitam dan Putih)
Bumbu dari buah beri
Moltadekstrin
Carrageenan
Miso
Ekstrak buah badam/almon
MSG
Gelatin polos
Pati jagung
Getah (akasia, arabia)
Sirop jagung
Guarana
stevia
Gula jawawut
Sukanat
Kayu manis
Tapioka

 

PENYEDAP RASA

Orang bergolongan darah B dapat mengkonsumsi penyedap rasa yang umum, kecuali saus tomat ( karena mengandung lektin tomat yang berbahaya) dan saus Worcestershire (mengandung sirop jagung). tetapi, sangant bijaksana bila Anda membatasi penyedap rasa dalam makanan karena tidak memberi manfaat yang nyata.

SANGAT BERMANFAAT Tidak ada

NETERAL
Acar/asinan, semua jenis
Saus salad(rendah lemak dari bahan-bahan yang deperbolehkan)
Jeli dari buah yang diperbolehkan
Saus salad mayonnaise
Moster
Selai (dari buah yang diperbolehkan)
Pickle relish

PANTANG
Saus tomat

TANAMAN OBAT DAN TEH HERBAL

Ginseng sangat dianjurkan untuk orang bergolongan darah B karena berdapak positif pada sistem saraf. Berhati-hatilah karena gingseng juga dapat bekerja sebagai stimulasi, untuk itulah minum pada pagi hari.

Secara khusus, licorice baik untuk orang bergolongan darah B. Itu karena licorice mempunyai faktor antivirus yang menurunkan kerentanan Anda terhadap penyakit autoimun. Banyak orang bergolongan darh B mengalami kadar gula darah turun setelah makan hipoglikemia, dan licorice dapat membantu mengatur kadar gula Anda.

SANGAT BERMANFAAT
Daun peterseli
Licorice
Daun raspberi
Peppermint
Ginseng
Rose hip
Jahe
Sage

NETERAL

Alfalfa
Linden
Burdock
Mulberi
Catnip
Sarsaparilla
Cabai
Slippery elm
Kamomil
Spearmint
Dandelion
Daun strawberi
Dong quai
Timi
Echinacea
valerian
Elder
Varvain
Goldenseal
White birch
Hawthorn
kulit pohon ek putih
Horehound
Yarrow
Akar licorice
yellow dock

PANTANG

Coltsfoot
Mullein
Corn silk
Rhubarb
Gentian
Semangi merah
Hop
Senna
Kalabat
shepher’d pure
Lidah buaya
Skullcap

BERBAGAI MINUMAN

Minuman teh hijau, teh herbal, air, dan jus akan membuat orang bergolongan darah B sehat. Meskipun minuman seperti kopi, teh, dan anggur tidak merugikan, tujuan utama diet golongan darah B adalah memaksimalkan peporma Anda, tidak hanya membuat netral.

Bila Anda seorang peminum kopi cafein, atau teh, cobalah untuk menggantinya dengan teh hijau. Selain mengandung cafein, teh hijau juga menyediakan antioksidan yang bermanfaat.

SANGAT BERMANFAAT
Teh Hijau

NETERAL
Bir
Teh, hitam (biasanya tanpa kafein)
Kopi (biasa/tanpa kafein)

PANTANG
Minuman beralkohol
Soda, semua jenis
Air soda

SUPLEMEN GOLONGAN DARAH B

Program diet golongan darah B juga mencakupi jaluran tentang vitamin, mineral, dan supplemen herbal yang dapat membantu meningkatkan efek diet Anda. Seperti halnya makanan, saplemen tidak selalu memiliki kasiat yang sama bagi setiap orang. Setiap vitamin, mineral, dan suplemen herbal mempunyai peranan khusus didalam tubuh Anda. Yang bermanfaat bagi orang bergolongan darah B belum tentu baik bagi sistem golongan darah B, bahkan bisa membahayakan.

Tujuan penggunaan berbagai macam suplemen adalah meningkatkan kekuatan dan menambah sistem pertahanan tubuh orang bergolongan darah B untuk melawan kelemahan-kelemahan. Karena itu targetnya adalah :
– Penyesuaian diri dengan diet seimbang
– Meningkatkan produksi insulin
– Memperkuat sistem kekebalan tubuh
– Meningkatkan kejernihan otak dan kosentrasi

Suplem yang dianjurkan disini adalah untuk dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Tidak ada suplemen yang secara khusus merugikan orang bergolongan darah B. Kuncinya adalah keseimbangan. Dengan melaksanakan diet golongan darah B, sebagian besar dari Anda dapat menghindari dari berbagai penyakit. Karena diet Anda sangat kaya vitamin A, vitamin B, vitamin E, Vitamin C, kalsium, dan zat besi, Anda hanya membutuhkan sedikit suplemen.

SANGAT BERMANFAAT

Magnesium

Secara umum kekurangan magnesium beresiko bagi orang bergolongan darah B, karena mereka sangat efisein dalam mencerna kalsium. Keadaan ini dapat mengakibatkan ketidak seimbangan kadar kalsium dan magnesium dalam darah. Bila hal ini terjadi, Anda akan mudah terserang virus (ketahan tubuh melemah), letih lesu, depresi, dan sangat mungkin gangguan saraf. Untuk kasus seperti ini untuk pemberian suplemen magnesium (300-500) dapat dipertimbangkan.
Pada anak anak yang bergolongan darah B yang menderita eksem, pemberian suplemen magnesium sangat bermanfaat. Segala bentuk sediaan magnesium dapat diterima dengan baik oleh orang bergolongan darah B, meskipun banyak pasien yang melaporkan adanya efek pencahar bila minum magnesium sitrat dibandingkan sediaan yang lain.

MAKANAN KAYA MAGNESIUM YANG TERBAIK UNTUK GOLONGAN DARAH B AB: Semua polong-polongan, serelia, dan sayuran hijau yang diperbolehkan

LICORICE (glycyrrhiza glabra)

Licorice adalah sejenis tanaman yang secara luas dipakai oleh pembuat jamu diseluruh dunia. Tanaman ini setidaknya mempunyai empat manfaat-obat untuk tukak lambung, sebagai agen antivirus yang melawan virus herpes, untuk pengobatan sindrom letih lesu yang kronis, dan untuk memerangi hipoglikemia. Namun, licorice harus digunakan secara hati-hati : dosis besar menyebabkan retensi natrium dan peningkatan tekanan darah.
Bila Anda menderita hipoglekimia, suatu keadaan diaman gula darah turun sedara dratis setelah makan, minumlah satu atau dua cangkir teh licorice setelah makan. Bila Anda menderita sindrom letih lesu kronis, saya menganjurkan Anda, yang menggunakaan sediaan licorice selain DGL (de-glycyrhizinated licorice dan teh licorice, untuk meminta petunjuk dokter. Suplemen licorice yang digunakan secara bebas dapat menyebabkan keracunan.

ENZIM SALURAN PENCERNAAN

Bila Anda tidak terbiasa mengkonsumsi produk daging atau susu, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan diet Anda. Untuk sementara waktu, makanlah enzim saluran pencernaan bersama asupan daging, dan Anda lebih siap mengonsumsi protein berkosenrasi tinggi. Bromelain, yaitu enzim yang terdapat pada nanas, tersedia di toko makanan sehat.

TANAMAN OBAT ADAPTOGENIK

Tanamanan obat adaptogenik membantu meningkatkan kosentrasi dan ingatan, yang kadang menjadi masalah bagi oarang bergolongan darah B yang menderita gangguan virus atau saraf. Yang terbaik adalah gingseng siberia dan gingko biloba. Keduanya banyak tersedia di toko obat/apotek dan toko makanan sehat.

Dalam penelitian dirusia, telah diketahui bahwa gingseng siberia meningkatkan kecepatan dan ketepatan petugas operator mesin tulis telegrafis. Gingko biloba meningkatkan sirkulasi mikro ke otak sehingga lebih sering diresepkan untuk orang dewasa. Gingko biloba dipromosikan sebagai perangsang otak dengan slogan “minuman untuk daya ingat”.

LESITIN

Lesitin, yaitu suatu penambah darah yang ditemukan dalam kacang kedelai, membuat antigen B di permukaan sel darah bergerak lebih mudah dan melindungi sistem kekebalan tubuh secara lebih baik. Orang bergolongan darah B harus mencari manfaat ini dari granula lesitin, bukan langsung dari kacang kedelai. Itu karena kacang kedelai tidak mengandung lesitin dalam konsetrat tinggi. Minumlah membrane fluidizer Cocktail, seperti yang dianjurkan dalam diet golongan darah B.

STRATEGI PENGOBATAN

Ilmu pengetahuan modern telah memperkenalkan berbagai jenis pengobatan yang menajubkan kepada komunitas kedokteran, yang telah diresepkan oleh dokter diseluruh dunia. Tetapi apakah Anda telah berhati-hati saat menggunakan anti biotik dan vaksin? Bagaimana cara mengetahui obat apakah sesuai untuk Anda, keluarga, dan anak Anda? Sekali lagi, golongan darah memiliki jawabannya.
Pada banyak kasus, obat-obat tradisional/alternatif sama menjurnya atau lebih manjur-dan tidak memberikan masalah efek samping seperti obat-obat farmasi.
Berikut ini ramuan alami yang aman untuk orang bergolongan darah B:

ARTRITIS
Alfalfa
Boswella
Kalsium
Garam mandi epsom
Rosemary tea soak

KONGESTI
Teh licorce
Netle
Vervain

KONSTIPASI/KONSTIPAS/SEMBELIT
Serat
Kulit kayu pohon larch (ARA-6)
Psyllium
Slippery elm

BATUK
Horehound

KRAM,KEMBUNG
Teh kamomil
Teh adas
Jahe
Teh peppermint
Suplemen probiotik denagan faktor bifidus

DIARE
Bluberi
Elderberi
L. acidophilus (yoghurt)
Daun resberi

SAKIT TELINGA
miyak tetes telinga dari campuran bawang putih mullein-minyak zaitun

DEMAM
Feverfew
Vervain
Kulit kayu pohon white willow
Catnip

FLU
Bawang putih
Arabinogalaktan
Teh rose hip

SAKIT KEPALA
Kamomil
Damiana
Feverfew
Valerian
Kulit kayu pohon white willow

GANGGUAN PENCERNAAN, HEARTBURN
Bromelain
Jahe
Goldenseal
Peppermint

KRAM SEMASA MENSTRUASI
Jamaican dogwood

MUAL
Jahe
Teh akar licorice

Cayenne

SINUSITIS
Timi

SAKIT TENGGOROKAN
Stoneroot

SAKIT GIGI
Pijat gusi dengan bawang putih tumbuk
Pijat gusih dengan minyak cengkih

 

 

PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN

Apakah saya harus melakukan semua perubahan sekaligus agar diet golongan darah B berhasil ?

Tidak. Sebaiknya, saya justru menganjurkan Anda untuk memulainya berlahan-lahan, secara bertahap menghindari makanan yang tidak baik bagi Anda dan menambah porsi makanan yang sangat bermanfaat. Banyak program diet yang menganjurkan Anda untuk berubah dalam gaya hidup secara dratis. Saya rasa akan lebih realitis dan efektif bila Anda memulai proses belajar. Jangan hanya menerma petunjuk saya mentah-mentah. Anda harus mempelajari dan menyesuaikannya dengan tubuh Anda. Sebelum memulai diet golongan darah B, Anda mungkin hanya tahu sedikit mengenai jenis makanan yang bermanfaat dan yang merugikan diri Anda. Anda terbiasa memilih makanan sesuai selera Anda, tradisi keluarga, dan bukan diet. Denag cara itu, Anda mungkin saja menyantap makanan yang bermanfaat. Akan tetapi, diet golongan darah B memberi Anda sarana untuk menentukan pilihan setiap saat. Begitu Anda mengetahui renana makan Anda yang optimal, Anda sesekali diperbolehkan menyimpang dari diet tersebut. Kekakuan merupakan musuh kenikmatan; saya tentu saja bukan pendukung kekuan. Diet golongan darah B dibuat agar Anda merasa senang, bukannya sengsara ataupun kehilangan yang disukai. Jelas, ada kalanya akal sehat memerintahkan Anda untuk sedikit melonggarkan aturan-seperti saat Anda bertemu, mau tidak mau harus makan hidangan yang disajikan.

Mengapa Anda menganjurkan porsi yang berbeda berdasarkan garis keturunan (asal usul nenek moyang) ?

Daftar porsi berdasarkan garis keturunan sekedar merupakan penyempurnaan diet agar bermanfaat bagi Anda. Pada dasarnya pria, wanita, dan anak –anak mempunyai standar porsi yang berbeda. Untuk itu, diet juga disesuaikan ukuran tubuh dan berat badan, wilayah geografis, dan makanan sesuai budaya. Pentuk ini akan membantu Anda untuk memulai diet hingga merasa aman dengannya sehingga Anda secara alami akan mengkonsumsi makanan pada porsi yang sesuai. Porsi yang dianjurkan juga mempertimbangkan masalah-masalah spesifik orang – orang (dari garis keturunan berbeda) cenderung hadapi sehubungan dengan makanan. Sebagai contoh, orang Amerika Afrika kerap tidak tahan laktosa dan kebanyakan orang Asia tidak mengkonsumsi produk susu. Untuk itu, mereka harus mengkonsumsi makanan ini secara bertahap guna mengurangi reaksi negatif tubuh.

Haruskah saya menyantap semua makanan yang digolongkan “sangat bermanfaat”

Tidak mungkin Anda harus mengkonsumsi makanan setiap jenis makanan didalam diet Anda. Anggaplah golongan darah Anda seperti palet pelukis yang memungkinkannya memilih berbagai macam kombinasi warna dan bayangan. Bagaimanapun, jika mungkin, cobalah mengkonsumsi berbagai jenis makanan setiap minggunya. Bila Anda bertubuh kecil, kurangi porsinya, tapi pertahankan frekuensi regulernya. Cara ini akan menjamin nutrien yang paling pentingterus-menerus masuk kedalam aliran darah dalam jumlah yang tetap.

Apakah yang harus saya lakukan bila makanan yang “pantang” mencapai ¼ atau 1/5 bagian makanan dalam suatu resep masakan ?

Hal itu tergantung pada tingkat kondisi dan kelenturan tubuh Anda. Bila terdapat alergi makanan atau kcolitis (radang usus besar), Anda mungkin ingin menghindari makanan itu secara total. Banyak pasien yang tubuhnya sangat lentur dan fleksibel menghindari semua makanan yang menjadi pantangan, meski saya pikir hal seperti ini terlalu ekstrem. Apabila Anda sedang tidak menderita kondisi alergi tertentu, tidak ada salahnya mencoba makanan pantangan ini sesekali.

Apakah berat badan saya akan turun dengan diet golongan darah ?

Ada beberapa jawaban untuk pertanyaan ini. Pertama, banyak kali orang yang kelebihan berat badan mengkonsumsi makan yang tidak seimbang – makan tersebut mengacaukan metabolisme, akibatnya pencernaan terganggu, dan terjadilah rentesi air. Semua faktor inilah yang menyebabkan kegemukan. Diet golongan arah adalah merupakan diet yang seimbang, secara khusus disesuaikan dengan Anda. Bila Anda mengikuti diet golongan darah, metabolisme tubuh Anda akan menyesuaikan hingga ketingkat normalnya sehingga secara efisien akan membakar kalori Anda; sistem pencernaan akan mengelolah nutrien dengan baik dan mengurangi retensi air. Dalam waktu yang relatif cepat, berat badan mungkin akan menyesuaikan. Dlam praktis saya, banyak pasien yang bermassalah dengan berat badan juga memiliki riwayat diet tidak seimbang yang kronis. Orang mungkin berpikir diet secara teratur akan menurunkan berat badan. Sayangnay hal itu tidak terjadi bila struktur diet dan makanan yang dikonsumsi berlawanan dengan tipe tubuh Anda. Didalam budaya kita, kita cenderung mengajukan program penurunan berat badan “satu ukuran cocok untuk semua”, dan kemudian kita bertanya tanya mengaopa itu tidak berhasil. Jawabnya jelas sekali ! Setiap golongan darah merespons makanan secara berbeda. Sebagai contoh, orang bergolongan darah B akan mengelolah susu lebih efektif, sementara bahan makanan yang sama akan menimbulkan masalah pencernaan dan kekebalan tubuh bagi orang bergolongan darah O dan A.apabila Anda ingin menurunkan berat badan, golongan darah Anda akan mengatakan caranya kepada Anda. Dengan mungkin program latihan yang dianjurkan, Anda akan segera melihat hasilnya.

Apakah kalori berperan pada diet golongan darah ?

Ada periode penyesuaian dalam diet ini, dan sejalan dengan waktu, Anda akan dapat menyesuaikan jumlah makanan dengan kebutuhan. Penting untuk mengetahui porsi diri sendiri. Tidak peduli yang Anda makan, makan terlalu banyak pasti membuat Anda gemuk. Hal ini mungkin sudah begitu jelas sehingga tidak perlu disebutkan. Makan secara berlebihan telah menjadi maslah kesehatan yang paling sulit dan berbahaya di Amerika. Jutaan tubuh orang Amerika membersar dari normalnya dan mengalami kesulitan mencerna karena banyaknya jumlah makanan yang mereka konsumsi. Ketika Anda makan secara berlebihan, dinding perut akan melar seperti balon yang ditiup. Meski otot dinding perut elastis dan diciptakan untuk mengerut dan mengembang, bila terlalu melar akan mengakibatkan sel-sel dinding perut mengalami peregangan yang luar biasa. Jika Anda makan sampai kekenyangan, dan biasanya Anda merasa males setelahnya, cobalah untuk mengurangi ukuran porsinya. Belajarlah untuk mendengarkan apa yang dikatakan tubuh Anda.

Saya belum pernah mendengar serealia yang Anda sebutkan. Dimanakah saya bisa mendapatkan ?

Bila Anda ingin mencari serealia alternatif, carilah toko makanan kesehatan. Beberapa tahun belakangan ini, banyak serealia dari zaman lampau yang telah terlupakan kembali ditemukan diproduksi. Sebagai contoh, amaran (serealia dari meksiko) dan splet (suatu varian gandum). Cobalah! Rasanya tidak buruk. Tepung splet dapat diolah menjadi roti besar yang kenyal dan gurih, sementara beberapa serealia untuk sarapan pagi yang kini terbuat dari amaran. Alternatif lain adalah roti dari kecambah gandum yang kadang disebut roti “Ezekiel” atau “Essene” karena lektin gluten yang terutama melekat pada biji hancur selama pross perkecambahan. Roti ini mudah basi dan biasanya mudah dijumpai di dalam lemari es toko-toko makanan sehat. Semua makanan ini adlah makanan “hidup” yang masih banyak memiliki enzim penting yang bermanfaat. (Berhati-hati dengan roti “kecambah gandum” yang diproduksi secara massal karena biasanya mengandung sedikit kecambah gandum, sebaliknya lebih banyak mengandung tepung gandum.) Roti dari kecambah gandum ini lembab, kenyal, dan agak manis karena proses perkecambahan juga menghasilkan gula. Roti ini sangat cocok dijadikan roti panggang.

Apakah ada suatu olahraga yang dianjurkan untuk orang bergolongan darah B ?

Orang yang bergolongan darah B akan sehat dengan olahraga yang bukan sepenuhnya aerobik atau juga yang tidak sepenuhnya tertuju pada relaksasi mental. Program olah raga menengah yang seimbang seperti hiking, sepeda santai, olahraga beladiri yang kurang agresif, tenis, dan kelas aerobik. Olahraga kompetisi seperti squash, sepakbola, atau basket tidak baik untuk orang bergolongan darah B. Jadwal olahraga yang paling efektif (seminggu) adalah tiga hari olahraga fisik dan dua hari olahraga relaksasi seperti yoga.

 

Published in: on 17 Mei 2012 at 16:58  Comments (1)  

The URI to TrackBack this entry is: https://boedaksatepak.wordpress.com/2012/05/17/diet-golongan-darah-b/trackback/

RSS feed for comments on this post.

One CommentTinggalkan komentar

  1. Darah i B positif,but tanda2 sakit macam orang darah AB


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: