Obat Alami

Bag.  1

 

Pada dasarnya Tuhan mencptakan segala sesuatu di dunia ini tanpa ada alasan dan manfaat, baik manusia itu sendiri, tumbuhan, hewan, maupun makhluk lain yang tidak bernyawa.
Namun, di sini kita akan membahas mengenai tanaman yang biasa hidup di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai obat atau biasa kita kenal dengan tanaman apotek hidup. Kemampuan menyembuhkan dan efek positif dari beberapa tanaman sebagai obat telah lama diketahui jauh sebelum para ilmuwan menemukan berbagai obat-obatan dengan bahan kimia.
A. Pengertian
Apotek hidup adalah suatu tempat atau sebagian lahan untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari.
B. Macam-macam tanaman apotek hidup
Ada beberapa jenis tanaman yang bisa dikategorikan tanaman apotik hidup, diantaranya:

 

1. Kunyit (Curcuma longa) atau kunir (Jawa)


Manfaat:

a. memperlancar ASI. caranya: rimpang kunyit ditumbuk hingga halus kemudian dibalurkan di seputar payudara pada masa awal menyusui.
b. haid tidak lancar. caranya: 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading. Semua bahan ditumbuk jadi satu sampai halus, direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring dan didinginkan. Lalu diminum 1 gelas sehari.
c.diabetes mellitus. caranya: 3 rimpang kunyit dan 1/2 sendok teh garam direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian saring dan diinginkan. minum 1/2 gelas 2 kali seminggu.
d. tifus. caranya: 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto, ditumbuk halus dengan 1 gelas air hangat, aduk sampai rata kemudian disaring. airnya diminum 1 kali sehari selama 1 minggu.
e. amandel. caranya: 1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok . kunyit diparut, jeruk diperas dan diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan 1/2 gelas air hangat. diaduk sampai rata dan disaring. minum secara rutin selama 2 hari sekali.

 
2. Jahe (Zingiber officinale rosc)


Manfaat:
a. impoten/lemah syahwat. caranya: 2 rimpang sebesar ibu jari sudah dicuci, 1 butir jeruk nipis, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 sendok makan madu, sedikit bubuk merica. parut rimpang jahe dan tambahkan 1 gelas air masak lalu diperas. tambahkan air jeruk nipis dan kuning telur kemudian dicampur dengan semua bahan lainnya. aduk sampai merata dan diminum seminggu sekali.
b. batuk. caranya: 3 rimpang sebesar ibu jari sudah dicuci direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menyisakan 1 gelas. air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
c. pegal dan linu. caranya: 2 rimpang jahe, 2 gelas susu segar. rimpang dicuci lalu dibakar dan dikuliti. rimpang dimemarkan kemudian direbus dengan air susu (susu jahe). diminum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.
d. masuk angin. caranya: 3 rimpang jahe sebesar ibu jari yang sudah dibakar dan dimemarkan dimasukkan ke dalam 2 gelas air dan beri gula aren secukupnya. didihkan kurang lebih 15 menit hingga airnya tersisa separuhnya. saring dan minum selagi hangat. lakukan 2 kali sehari.
e. reumatik. caranya: 3 rimpang jahe dibakar dan dicuci kemudian diparut. tempelkan parutan tersebut pada bagian tubuh yang diserang reumatik.

 

 

3. Kencur (Kaempferia galanga)

Manfaat:
a. obat alami influenza dan batuk bagi bayi. caranya: 1 rimpang sebesar ibu jari dan 2 lembar daun kemukus ditumbuk halus ditambah beberapa sendok air hangat. kemudian oleskan di seputar hidung si bayi.
untuk batuk: rimpang dibersihkan kulitnya lalu diparut dan diperas, ambil sarinya. tambahkan 1 sendok air hangat lalu diminumkan.
b. obat batuk. caranya: 1 rimpang diparut dan ditambahkan 2 gelas air hangat kemudian diperas dan disaring, tambahkan garam secukupnya.

Diminum selagi hangat 1-3x sehari. bisa juga dengan langsung dikunyah (bila tahan pedes dan baunya) dengan diambil sarinya dan ampasnya dibuang.
c. menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh. caranya: 2 rimpang dibersihkan lalu diparut diambil sarinya, tambahkan madu secukupnya. diminum setiap pagi dan malam.
d. obat sakit kepala. caranya: 2-3 lembar daunnya ditumbuk sampai halus, dioleskan sebagai kompres pada dahi.
e. diare. caranya: 2 rimpang sebesar ibu jari diparut, tambahkan 1 gelas air hangat dan garam secukupnya, diperas dan disaring, ambil sarinya. oleskan pada perut sebagai bedak.
f. menghilangkan lelah. caranya: 1 rimpang besar, 2 sendok beras digoreng tanpa minyak (sangan;Jawa) dan 1 biji cabe merah. semua bahan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. minum selagi hangat secara berulang-ulang. untuk pria bisa ditambah lengkuas secukupnya.

 

 

4. Daun Salam (Syzygium polyanthum)

Daun salam mengandung bahan kimia yaitu minyak asiri (sitral, eugenol), tanin dan flavonoid. Sifat daunnya kelat danastrigen.

Manfaat:
a. obat diare. caranya: Cuci 15 lembar daun salam segar samapi bersih. Tambahkan 2 gelas air, lalu rebus sampai mendidih (Selama 15 menit). Selanjutnya masukkan sedikit garam. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus.
b. obat kencing manis/Diabetes mellitus. caranya: Cuci 7-15 lembar daun salam segar, lau rebus dalam 3 gelas air samapai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus sebelum makan. Lakukan sehari 2 kali.
c. obat asam urat. caranya: Ambil 10 lembar daun salam segar, rebus dengan 4 gelas air hingga bersisa 2 gelas. Kemudian saring. Minum selagi hangat.
d. Menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi. caranya: Cuci 10-15g daun salam segar sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus di malam hari. Lakukan pengobatan ini setiap hari. Resep 2 : 7 lembar daun salam segar + 30 g daun ceremai segar direbus dengan aor 600CC hingga tersisa 300CC. Saring dan minum selagi hangat, pagi dan sore masing2 150CC.
e. obat radang lambung. caranya: 30g salam segar + 30g daun sambiloto kering direbus dgn 600cc air hingga tersisa 300cc air, saring, tambahkan gula batu, minum selagi hangat masing2 150cc, minum pagi dan sore.
f. obat hitertensi/menurunkan tekanan darah tinggi. caranya: Cuci 7-10 lembar daun salam sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.
g. obat eksim. caranya: ambil 10 lembar daun salam segar dan 25 gram kunyit. Tumbuk sampai halus, lalu tambahkan air sedikit dan garam secukupnya. Oleskan pada bagian kulit yang sakit.
h. obat sakit maag. caranya: daun salam segar sebanyak 15-20 lembar dicuci bersih. Rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau secukupnya. Setelah dingin, minum airnya sebagai teh. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh dilambung hilang.
i. obat mabuk alkohol. caranya: cuci 1 genggam buah salam masak sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Peras dan saring, lalu air yang terkumpul diminum sekaligus.
j. obat kudis, gatal-gatal. caranya: cuci daun, kulit, batang, atau akar salam seperlunya sampai bersih, lalu giling halus sampai menjad adonan, seperti bubur. Balurkan ke tempat yang sakit, kemudian di balut.

 

 

5. Kumis kucing (Orthosiphon Spicatus BBS)

Berbentuk semak, batangnya basah, tingginya bisa mencapai 1,5 meter itu. Bisa tumbuh di tempat yang kering maupun basah pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, tanaman ini memiliki daun berbentuk telur taji, tepi daunnya bergerigi kasar. Bunganya mengeluarkan benang sari dan putik berwarna putih atau ungu.

Tanaman ini memiliki sejumlah khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Daunnya mengandung kadar kalium (boorsma) yang cukup tinggi. Ia juga mengandung glikosida orthosiphonin yang berkhasiat untuk melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh. Terutama dari kandung kemih, empedu dan ginjal.

Menurut buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia karya Dr Setiawan Dalimartha, seperti dikutip situs pusat data perhimpunan rumah sakit seluruh Indonesia (Persi), bunga tanaman kumis kucing merupakan bunga majemuk dalam tandan yang keluar di ujung percabangan. Warnanya ungu pucat atau putih sedangkan benang sarinya lebih panjang dari tabung bunga. Buah kumis kucing berupa buah kotak dan berbentuk bulat telur. Tanaman ini bisa diperbanyak dengan biji maupun setek batang.

Herba tanaman ini rasanya manis namun sedikit pahit. Herba kumis kucing ini bisa digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit yaitu infeksi ginjal akut dan kronis, rematik, tekanan darah tinggi, kencing manis, kencing batu serta infeksi kandung kencing. Untuk mengobati penyakit infeksi ginjal dan hipertensi, cuci 30 gram herba segar kumis kucing, herba daun sendok dan rumput lidah ular. Rebus itu semua dalam tigha gelas air sampai hanya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum setengah gelas sebanyak dua kali sehari.

Bagi yang menderita infeksi saluran kencing, sering buang air kecil (volume sedikit dan anyang-anyangan), bisa dicoba penyembuhannya dengan ramuan herba segar daun kumis kucing, meniran, dan akar alang-alang masing-masing 30 gram lalu dicuci sampai bersih. Bahan-bahan tersebut selanjutnya dipotong-potong seperlunya lalu direbus dalam tiga gelas air hingga hanya tersisa setengahnya. Setelah dingin, air tersebut kemudian diminum masing-masing setengah gelas sebanyak tiga kali sehari.

Untuk mengobati kencing batu, 90 gram herba kumis kucing dicuci bersih lalu direbus dalam satu liter air hingga mendidih dan tersisa 750 cc. Setelah dingin, minumlah sebanyak tiga kali sehari masing-masing sepertiga bagian. Minumlah ramuan ini hingga penyakitnya sembuh.

SELAIN sebagai tanaman hias, kumis kucing ternyata berkhasiat menyembuhkan keluhan batu ginjal dan radang ginjal.

Tanaman dengan nama latin orthosiphon aristatus ini termasuk dalam famili Lamiaceae/Labiatae. Kumis kucing umumnya tumbuh di tempat dengan ketinggian 500 – 1.200 m dpl.

Sebagai obat, Anda dapat memanfaatkan daun kumis kucing yang basah mapun kering. Untuk pengobatan ini, sediakan 25 g daun kumis kucing, 25 g daun ngokilo, 25 g daun meniran dengan akarnya dan 25 g daun keji beling.

Cuci bersih bahan-bahan itu lalu rebus dalam empat gelas air. Tunggu hingga mendidih dan minumlah air rebusan itu dalam sehari.

 

 

6. Pecut Kuda

Pecut Kuda sebagai Obat Radang Tenggorokan,Batuk, Keputihan & Hepatitis A

Pecut kuda tumbuh liar di tepi jalan, tanah lapang dan tempat terlantar lainnya. tanaman yang berasal dari Amerika tropis ini dapat ditemukan di daerah cerah, sedang, terlindung dari sinar matahari dan pada ketinggian 1-1500 m dpl.

Terna tahunan, tegak, tinggi 20-90 cm. Daun tunggal, bertangkai, letak berhadapan. Helaian daun berbantuk bulat telur, pangkal menyempit, ujung runcing, tepi bergerigi, permukaan jelas berlekuk-lekuk, panjang 4-8 cm, lbar 3-6 cm, berwarna hijau tua. Bunga majemuk tersusun dalam poros bulir yang memanjang, seperti pecut, panjangnya 1-20 cm. Bunga mekar dalam waktu yang berbeda, ukuran kecil, berwarna ungu, jarang berwarna putih. Buah berbentuk garis, berbiji dua. Biji berbentuk jarum, berwarna hitam. Untuk jenis Stachytarpheta jamaicensis indica Vahl, tingginya mencapai 2 meter, dipelihara sebagai tanaman pagar dan mempunyai khasiat obat yang sama dengan jenis Stachytarpheta jamaicensis [L] Vahl. Pecut kuda dapat diperbanyak dengan biji.

Sifat dan Khasiat
Rasa pahit dan sifatnya dingin. Berkhasiat sebagai pembersih darah, anti radang dan peluruh kencing (diuretik).

Kandungan Kimia
Pecut kuda mengandung glikosa flavonoid dan alkaloid.

Bagian yang digunakan
Bagian yang digunakan adalah herba, bunga dan akar. Untuk penyimpanan, setelah dicuci dan dipotong-potong jemur sampai kering.

Indikasi
Herba digunakan untuk pengobatan:
Infeksi dan batu saluran kencing
Sakit tenggorokan karena radang (faringitis), batuk
Rematik
haid tidak teratur

Bunga dan tangkainya digunakan untuk pengobatan :
Radang hati (hepatitis A)

Akar digunakan untuk pengobatan :
Keputihan (leukore)

Cara pemakaian
Untuk obat yang diminum, rebus 15-30g herba kering atau 30-60g herba segar lalu minum air rebusannya.

Untuk pemakaian luar, giling herba segar sampai halus lalu tempelkan kebagian tubuh yang sakit, seperti bisul, radang kulit bernanah dan luka.

Contoh Pemakaian

Radang tenggorokan, Batuk
Sediakan 50g herba pecut kuda segar, 2 buah kencur ukuran sedang, 2 siung bwang putih. Cuci bahan-bahan tersebut, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1/2 cangkir air gula sambil diaduk rata, lalu peras dan saring. Selanjutnya minum air yang terkumpul, lakukann 3 kali sehari selama 3-5 hari.

Keputihan
Cuci 50g akar pecut kuda segar lalu iris-iris seperlunya. Tambahkan 3 gelas air bersih, lalu rebus sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya dibagi untuk dua kali minum, pagi dan sore hari masing-masing 1/2 gelas

Hepatitis A
Cuci 5-10 tangkai bunga pecut kuda sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya. Tambahkan gula batu secukupnya, lalu rebus dalam 3 gelas air samapai tersisa 1 gelas. Setelah dingin sraing dan air saringannya diminum. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Rematik
Cuci 10-60g herba pecut kuda segar, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air bersih sampai air rebusannya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan iar saringannya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

PERHATIAN
Ibu hamil dilarang minum air rebusan ramuan obat ini karena bisa menyebabkan keguguran

7. Daun Ketepeng Adalah Obat Panu Yang Mujarab !

Pohon ketepeng adalah tanaman berdaun bulat lonjong, dan tinggi pohon bisa mencapai 2 meter lebih. Tanaman ini banyak ditemukan di perkampungan. Tetapi kadang-kadang dapat kita temukan juga di halaman rumah di perumahan perkotaan.

Sejak lama tanaman ini dikenal sebagai tanaman obat penyakit kulit seperti gatal-gatal, panu, kurap dan lai-lain. Bahkan konon katanya bisa juga digunakan untuk penyakit panas dalam. Hanya sayang, jarang sekali orang yang mengetahui dan menggunakannya.

Di daerah sunda tanaman ini disebut “Kimanila”, tapi lebih terkenal dengan sebutan “Daun Ketepeng”, kalau di Malayasia disebut “Gelenggang Lembu” dan kalau istilah ilmiahnya katanya” Cassia alata, Linn”.

Orang yang tidak tahu, mengira daun ketepeng hanya sebagai tanaman biasa, atau tanaman hias (diperkotaan), karena tanaman ini berbunga berwarna kuning. Padahal kalau anda tahu cara penggunaannya tanaman ini sangat manjur untuk mengobati panu yang sudah menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Bisa dibayangkan kalau panu sudah menyebar ke seluruh bagian tubuh, coba bagaimana mengobatinya misalnya dengan salep canesten, daktarin, atau salep obat panu lainnya.

Apabila ada kasus panu yang sudah menyebar ke seluruh bagian tubuh dan susah mengobatinya, maka sebaiknya cukup menggunakan daun ketepeng, cukup hanya 3 x pengobatan sudah sembuh.. asal tahu caranya.

Cara menggunakannya :

1. ambil daun ketepeng yang tidak terlalu tua atau terlalu muda secukupnya (segenggam, jika sudah dipretel dari tangkainya), dan cuci sampai bersih;
2. tumbuk, tapi jangan terlalu halus.. campur garam dapur kurang lebih 1 sendok teh;
3. gosokan pada bagian panu agak keras dikit;
4. gosokkan juga pada bagian tubuh (selangkangan, kemaluan dan sela-sela dubur), karena dimungkinkan dibagian tertutup ini biang panu ada di bagian trtutup ini;
5. lakukan pada sore hari setelah mandi, dan sebaiknya pada hari libur, dan jangan kena air sampai esok hari (min 12 jam);
6. lakukan hal sama seminggu berikutnya (kecuali anda yang tidak punya kegiatan kerja kantor, karena bau daun ketepeng lumayan kurang enak).

Membudidayakan tanaman ini sangat mudah, dengan bijinya. Buahnya seperti pete cina hanya ukurannya besar. Apabila tanaman ini sudah berbunga, maka setelah bunga gugur akan muncul buah. Buah yang sudah tua dan kering itulah untuk memperbanyak tanaman.

 

Semoga bermanfaat!

Published in: on 20 Januari 2012 at 00:42  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://boedaksatepak.wordpress.com/2012/01/20/obat-alami/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: