REINKARNASI, SURGA & NERAKA

Perdebatan yang panjang akan terus terjadi tentang konsep Reinkarnasi dalam Islam. Ada sebagian Islam yang menerima konsep Reinkarnasi dan ada juga yang menolak.

Mengapa penolakan atau penerimaan ini bisa terjadi? Toh semua menggunakan dalil-dalil yang terlihat sah dan sahih!

Bagi saya, saya akan membagi perkembangan agama menjadi tiga bagian besar. Hal ini agar kita dapat memahami posisi geografi dimana agama tersebut berkembang dan memahami pula budaya yang mencoba membendung perkembangan atau malah mencampurinya.

Pertama adalah agama yang berkembang di Timur ( India, Indonesia, Jepang, Cina, Tibet ). Kedua adalah agama yang berkembang di Timur Tengah ( Jazirah Arab ), Ketiga adalah agama yang berkembang di Negara Barat ( Eropa, Amerika, Australia )

Saya tidak menyebutkan secara spesifik agama itu apa saja, namun termasuk juga semua kepercayaan yang berkembang di masing-masing daerah tersebut.

Untuk agama yang berkembang di daerah Timur akan lebih terbuka, menonjolkan sisi ‘rasa’ atau hakekat sesuatu. Untuk agama di Timur Tengah cenderung keras dan berisi tentang peraturan ‘apa yang boleh dan apa yang tidak boleh’. Untuk agama yang berkembang di Barat akan didominasi logika.

Buntunya memahami REINKARNASI dibandingkan SURGA & NERAKA adalah dari bentuk luar atau bungkusnya saja.

Saya tidak membahas Reinkarnasi itu apa, namun saya akan menarik benang merah ke dalam apa kaitan REINKARNASI dengan SURGA & NERAKA, sehingga kita bisa menemukan bahwa ternyata pencetus konsep Reinkarnasi dan pencetus konsep Surga & Neraka mempunyai tujuan yang sama. Atau apa yang akan mereka sampaikan itu sama.

 

Kita akan bicara masalah WAKTU.

kita tahu bahwa ada 3 macam waktu yang sedang kita jalani, yaitu waktu lampau, waktu sekarang, dan waktu masa depan.

3 konsep waktu inilah yang berada di dalam kedua konsep yang sedang kita bicarakan.

Kedua konsep tersebut, entah Reinkarnasi atau Surga & Neraka, menganut bahwa ada waktu lampau dimana kita telah berbuat dengan segala tindakan di masa lalu kita, dan ada waktu masa sekarang dimana kita saat ini sedang berbuat, dan ada waktu masa depan dimana kita akan menuju kepada buah perbuatan kita.

Apabila kita melihat konsep Reinkarnasi dan Surga & Neraka dari luar maka tentu saja akan terlihat perbedaan yang sangat tajam, padahal bukan hal tersebut yang menjadi INTI dari ajaran kedua konsep tersebut.

Perbedaan akan terlihat bila kita lihat dari luar adalah:

Reinkarnasi adalah sebuah konsep dilahirkan kembali, dimana ketika seseorang belum selesai dengan karmanya ( hutang ) maka dia akan lahir kembali dan beruang kali lahir sampai hutangnya habis baru kemudian menuju nirvana atau moksha.

Surga & Neraka adalah konsep sebuah tempat dimana ketika orang dinilai banyak pahala maka akan masuk Surga dan ketika orang dinilai banyak dosa akan masuk neraka.

Apabila kita terjebak dengan bentuk konsep, maka kita tidak menemukan kesamaan inti dari apa yang akan disampaikan kedua konsep tersebut.

Bentuk konsep yang diperdebatkan adalah, apabila Reinkarnasi bentuknya adalah lahir kembali apabila belum selesai karmanya, sedangkan bentuk dari Surga & Neraka adalah akan masuk surga bila banyak pahala dan akan masuk Neraka bila banyak dosa.

Kita tarik kepada INTI dari kedua pesan konsep tersebut,

Dalam Reinkarnasi, kita akan menuju kepada Nirwana atau moksha apabila perbuatan kita saat ini, sekarang ini, adalah berbuat baik. Apabila perbuatan kita tidak baik atau membuat karma buruk, maka akan lahir kembali. Intinya adalah ajakan untuk berbuat baik saat ini, sekarang ini.

Dalam Surga & Neraka, kita akan menuju Surga apabila perbuatan kita banyak pahala, atau saat ini, sekarang ini kita berbuat baik. Apabila perbuatan kita tidak baik atau banyak dosa, maka akan masuk neraka. Intinya adalah ajakan untuk berbuat baik saat ini, sekarang ini.

 

 

Apabila kita memahami inti pesan tersebut, entah mau Reinkarnasi atau mau Surga & Neraka, intinya adalah saat ini, ‘present time’, kedua konsep tersebut hanya membumbui tentang waktu lampau dan waktu masa depan dengan bahasa yang berbeda, dengan baju luar yang berbeda, padahal inti yang akan disampaikan adalah sama, yaitu melakukan tindakan yang baik, bermanfaat, berdaya guna, tidak merugikan, dan selalu dalam langkah positif dalam waktu saat ini, sekarang ini.

Hukumannya juga sama, yaitu apabila saat ini bertindak dalam langkah yang merugikan baik diri sendiri maupun orang lain, apabila dalam reinkarnasi akan lahir kembali menebus dosanya, dan dalam Surga & Neraka akan menuju ke Neraka.

Saat ini, apakah kita masih akan memperdebatkan baju yang jelas-jelas beda karena struktur bahasa, para pendengar dan budaya setempat, atau kita mau membuka pikiran kita sehingga menangkap pesan penting tentang bagaimana memanfaatkan waktu ‘the present time’ tersebut!

 

 

Salam Cerdas Indonesia

 

 

 

Published in: on 19 Mei 2011 at 02:12  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: http://boedaksatepak.wordpress.com/2011/05/19/122reinkarnasi-surga-neraka/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: